logo

Sejarah Pemilihan Umum: Perjalanan Menuju Demokrasi Modern

romawi
COLLOSEUM Romawi Kuno (Foto Websejarah.com)

Karawang, MEDIASERUNI – Meskipun kita sering menganggap pemilihan umum sebagai inti dari sistem politik modern, sejarahnya jauh lebih kompleks daripada yang kita bayangkan.

Dari akar yang dalam di Athena kuno hingga tantangan modern di era digital, perjalanan pemilihan umum adalah kisah panjang perjuangan menuju demokrasi yang lebih inklusif dan adil.

Pemilihan umum memiliki akar yang sangat kuno, bahkan sebelum konsep demokrasi modern muncul. Di Athena kuno, demokrasi dibangun melalui pertemuan publik yang disebut “ekklesia”, memberikan hak memilih kepada warga negara dewasa laki-laki.

Baca Juga:  Selamat, Pengurus DPC Hapmi Resmi Hadir di Karawang

Di sisi lain, di Kekaisaran Romawi, proses pemilihan yang dikenal sebagai “comitia” memberikan warga negara Romawi hak untuk memilih badan legislatif mereka. Namun, hak ini tetap terbatas pada kelompok tertentu, seperti kaum bangsawan dan pemilik tanah.

Selama periode feodalisme dan monarki absolut di Eropa, kekuasaan politik sangat terkonsentrasi, dan hak memilih sangat terbatas. Pemilihan umum hampir tidak ada, dengan kekuasaan ditentukan oleh garis keturunan atau kekayaan. Ini adalah masa di mana konsep demokrasi dan representasi rakyat hampir tidak ada.

Baca Juga:  Hai Cantik! Kamu Memiliki Inner Beauty? Kamu Akan Tahu Setelah Membaca Ini

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566