Jakarta – ToRi Coffee, UMKM kopi asal Toraja, Sulawesi Selatan, berhasil menembus pasar global berkat strategi pendampingan berkelanjutan dari BRI. Kisah sukses ini membuktikan bahwa produk UMKM Indonesia mampu bersaing di kancah internasional.
Citra Wulandari dan Fredy Pairunan, pendiri ToRi Coffee, memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan di kota dan kembali ke kampung halaman pada 2 Februari 2020. Mereka bertekad melestarikan cita rasa dan kekayaan budaya Toraja melalui bisnis kopi yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menegaskan komitmen BRI dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Menurutnya, UMKM memiliki potensi besar sebagai penggerak ekonomi nasional dan duta budaya Indonesia di pasar global.

Related Post
"Kami percaya bahwa dengan dukungan yang tepat, UMKM dapat memperluas jangkauan bisnis, meningkatkan daya saing, dan menembus pasar internasional," ujar Hendy seperti dilansir mediaseruni.co.id, Minggu (29/6/2025).
Keunggulan ToRi Coffee tidak hanya terletak pada kualitas produknya, tetapi juga pada komitmen dalam mengembangkan SDM lokal. Saat ini, ToRi Coffee mempekerjakan 21 karyawan, termasuk mahasiswa yang bekerja paruh waktu untuk mendapatkan pengalaman dan penghasilan tambahan.
Leave a Comment