logo

Gawat! 2024 Mau Ada Perang Baru Lagi, Negara Tetangga RI pun Termasuk

Foto Int

Mediaseruni.co.id, JAKARTA – Perang masih berlangsung di sejumlah negara. Terbaru adalah perang Hamas – Israel di Gaza, yang bahkan mulai merember ke Tepi Barat. Namun, kuat kemungkinan perang baru pun akan terjadi pada 2024 mendatang.

Komite Penyelamatan Internasional (IRC) awal bulan ini merilis daftar pantauan darurat untuk tahun 2024. IRC mengamati 20 negara yang memiliki risiko terbesar terhadap memburuknya keamanan.

Baca Juga:  Iran Keluarkan Ancaman Serius Menyusul Veto Amerika Terhadap Resolusi Genjatan Senjata di Gaza

Dari 20 negara berpotensi memburuknya keamanan, empat diantaranya adalah tetangga Indonesia yakni Myanmar. Perang saudara di Myanmar telah berlangsung sejak kudeta militer pada Februari 2021.

Tindakan keras brutal yang dilakukan setelahnya terhadap protes anti-kudeta memicu peningkatan pemberontakan jangka panjang dari kelompok etnis bersenjata di seluruh negeri. Pasukan pemerintah dituduh melakukan pengeboman tanpa pandang bulu.

Baca Juga:  Panji Gumilang Interrogated by the Indonesian National Police's Criminal Investigation Department

Pihak militer saat ini menghadapi tantangan dari aliansi tiga kelompok etnis bersenjata di Negara Bagian Shan bagian utara. Ada pula kelompok bersenjata terbesar di wilayah Sagaing di bagian barat laut dan kekuatan perlawanan yang lebih kecil di Negara Bagian Kayah, Negara Bagian Rakhine dan di sepanjang perbatasan India.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566