31.7 C
Jakarta
Jumat, Januari 27, 2023

Senam dan Makan Buah Pisang Ramaikan Germas di Jatisari

JATISARI, SERUNI – Pusat Kesehatan Pacing Kecamatan Jatisari mengisi kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan Senam dan makan buah pisang bersama. Acara yang berlangsung, Rabu (14/11) di halaman puskesmas. Acara ini disambut antusias peserta kampanye hidup sehat. Tak ketinggalan, Muspika kecamatan Jatisaripun hadir dalam kegiatan itu.

Kepala Puskesmas Pacing, H. Ucin Supriadi menyampaikan bahwa, kesehatan adalah salah satu modal yang paling penting untuk menjalankan segala macam aktifitas di dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, lanjut Ucin, Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan penuh kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas diri. “Germas dapat dilakukan dengan melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara rutin, dan membersihkan lingkungan untuk menjaga kemungkinan datangnya sumber penyakit,” ujar kepala Puskesmas Pacing.

Selain itu, Ucin menambahkan bahwa Germas diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, serta mampu mengubah kebiasaaan dan perilaku menuju hidup yang sehat. “Semoga masyarakat Kecamatan Jatisari khususnya, mampu menjalankan Germas ini untuk senantiasa membiasakan diri menuju hidup yang lebih sehat,” ajak kepala Puskesmas.

Kepala Puskesmas Tongas, Kurnia Ramadhani mengatakan, Gebyar Germas ini bertujuan untuk mempromosikan, mengajak, dan memotivasi masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari dengan langkah sederhana seperti bergerak, bergizi dan deteksi.

“Selain untuk menjalin tali silaturahmi diantara seluruh lintas sektor yang ada di wilayah Puskesmas Tongas, juga mampu menggugah para remaja agar terlibat aktif dalam penanganan kesehatan. Terlebih pada bulan Mei 2019 ini di Puskesmas Tongas akan disediakan khusus Poli Remaja berupa PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja),” katanya.

BACA JUGA:  Jabatan Kades Kosong, BST Desa Pangulah Tersendat

Dengan adanya Gebyar Germas ini dia berharap masyarakat semakin mendukung pelayanan kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat pada diri dan keluarganya masing-masing. “Setidaknya setelah kegiatan ini ada perubahan perilaku dari masyarakat untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Minimal lakukan aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan diri dan keluarganya,” harapnya. (yofa)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
27PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: