26 C
Jakarta
Sabtu, Februari 4, 2023

Selain Kabupaten Pemalang, Sejumlah Wilayah di Jawa Tengah Dikepung Banjir

Mediaseruni.co.id, PEMALANG JATENG – Beberapa daerah di wilayah Jawa Tengah dilanda banjir, tak terkecuali Kota Semarang dilanda banjir sejak Jumat 30 Desember 2022, malam tadi.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan pengecekan ke sejumlah titik banjir pada Sabtu 31 Desember 2022.

Pengecekan dilakukan salah satunya di kawasan Simpang Lima, Semarang. Selain itu dia juga ke Jalan Gajah Raya, Tlogosari, Rumah Pompa Sawah Besar, dan Waru.

Ganjar menerima laporan jika mesin pompa berfungsi baik di Rumah Pompa Sawah Besar dan Waru. Namun pompa air di Waru harus dihentikan operasionalnya sebab debit air yang melebihi mesin.

Ganjar juga memastikan petugas pompa siaga. Selain itu mereka siap mengoperasikan mesin saat debit air mulai turun. Dia juga menjelaskan pada pukul 08.00 Wib di Semarang masih terlihat genangan setinggi trotoar jalan.

Namun setelah dicek kembali telah mulai surut. “Semarang bawah pada pukul 08.00 WIB, genangan masih cukup tinggi hampir sama dengan trotoar. Tadi saya mengecek ke sana sudah mulai surut, mudah-mudahan kalau intensitas hujan mereda bisa langsung bersih,” jelas Ganjar.

Ada Air Laut Pasang, kemudian hujan deras sejak Jumat malam, sejumlah wilayah dilaporkan mengalami banjir dengan tinggi bervariasi. Ada yang 50 sentimeter hingga satu meter.

Sejumlah wilayah yang tergenang air seperti Tlogosari, Kaligawe, Citarum, Mangkang, Ngaliyan, dan Tugu. Banjir menggenangi perumahan penduduk dan juga ruas jalan yang membuat kemacetan arus lalu lintas.

Selain Semarang, Ganjar juga mengatakan telah menerima laporan kepala daerah yang wilayahnya dilanda banjir. Misalnya kepala daerah Pekalongan, Pemalang dan Pati. (All/Mds)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: