23.9 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Nelayan di Cirebon Bersihkan Sampah Sekaligus Deklarasi Dukung Ganjar

Mediaseruni.co.id, CIREBON JABAR – Para Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Barat berkumpul di pesisir muara Sungai Bondet, Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon Jawa Barat.

Mereka bersilaturahmi mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sekaligus bergotong royong membersihkan sampai di pesisir sungai.

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Barat, Handi Nurdin mengatakan pihaknya memantau peningkatan jumlah sampah di pesisir muara Sungai Bondet selama beberapa waktu terakhir. Untuk itu, pihaknya segera menginisiasi pembersihan sampah tersebut.

“Latar belakang kita melakukan bersih-bersih sampah ini adalah agar pesisir di sini bersih, hidup makin sehat. Karena kami melihat di sini ada peningkatan sampah. Kalau misal banyak sampah, ikan-ikan jadi enggak sehat. Jadi terdampak ke masyarakat sekitar,” kata Handi dalam keterangan tertulis, Selasa (20/12/2022).

Meski panas menyengat, Handi mengungkapkan komunitas para nelayan pendukung sosok Ganjar Pranowo ini tetap semangat membersihkan sampah-sampah di area muara Sungai Bondet.

Mereka bermodal alat-alat sederhana, seperti sapu, pengki, garpu rumput dan plastik sampah.

Menurutnya, para nelayan bertekad membuat wilayah tersebut menjadi lebih nyaman untuk beraktivitas dengan tidak adanya sampah.

Handi yang juga membaur bersama nelayan lain saat bersih-bersih sampah ini menyebut aksi gotong royong ini bertujuan agar kapal nelayan bisa lebih lancar saat berlabuh atau pergi melaut dari muara tersebut. Sebab, selama ini aktivitas kapal para nelayan kerap terganggu karena dengan adanya sampah yang sering menyangkut di kapal.

“Di sini kami melibatkan semua elemen nelayan, karena kan di sini (Cirebon) penghasil udang terbesar. Tapi di daerah sini lagi merosot hasilnya, karena limbah-limbah yang mencemari pesisir tersebut.

Sekitar 300 orang kami dari berbagai wilayah Cirebon kami libatkan untuk bersih-bersih ini,” jelasnya.

BACA JUGA:  Kementan Berupaya Kembalikan Citra Nyiur Melambai di Kabupaten Batang

Selain bersih-bersih sampah, pihaknya menggelar aksi berbagi paket sembako ke keluarga nelayan. Handi berharap bantuan tersebut bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga nelayan kecil selama beberapa waktu ke depan,”ucapnya. (Muchtar/Mds)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: