25 C
Jakarta
Minggu, Februari 5, 2023
BKD Pemalang
HUT Kabupaten Pemalang

Momentum HUT PGRI Batang Ke-77 Gelar Pelatihan Literasi Pengajar

Mediaseruni.co.id, BATANG JATENG – Manfaatkan momentum HUT PGRI Ke-77 dan Hari Guru Nasional untuk peningkatan literasi pengajar, PGRI Cabang Batang menggelar pelatihan penulisan artikel ilmiah populer bekerjasama dengan media cecak dan online di Gedung Pramuka, Kabupaten Batang, Senin (19/12/2022).

Kegiatan ini diikuti 76 personil dari berbagai daerah, mulai Kecamatan Batang, luar Kecamatan, hingga luar kota.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batang Budiono menyampaikan, saat ini peringkat literasi numerasi pengajar di Kabupaten Batang sangat rendah.

Sekarang Batang ada di peringkat 21 tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Padahal sebelumnya pernah peringkat satu, sebelum akhirnya merosot hingga peringkat 21.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih pada semua pihak yang mau bekerjasama dengan salah satu unit kerja kami.

Berkaitan dengan pelatihan penulisan artikel ilmiah populer,” jelasnya.

Ia berharap, para peserta menulis berdasarkan kurikulum merdeka. Hal ini sejalan dengan program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) mengajar. Beberapa hal bisa ikut tercapai, seperti kepentingan program, peningkatan kompetensi pendidik, dan hasilnya nanti tidak hanya dinikmati pribadi tapi juga program IKM.

“Saya ingin mereka masuk ke sana. Jadi apa yang mereka tulis dan susun mencakup materi-materi itu. Begitu juga dengan literasi numerasi kita masih sangat rendah di tingkat nasional. Itu harus kita perbaiki. Ini momen yang paling efektif untuk bisa mempercepat dari pelaksanaan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Cabang Batang Pudiono menjelaskan, bahwa kegiatan kali ini adalah puncak perayaan. Mulai dari lomba antar ranting ada 24 ranting. Bola voli, tenis meja, jalan sehat dengan berbagai door prize-nya.

Pelatihan menulis diisi oleh salah satu Pimpinan redaksi media ternama dari Semarang, Arif Riyanto dan Sekretariat tim di Kabupaten Batang, Arief Rohman. Pesertanya sebanyak 76 personil guru dari berbagai daerah.

BACA JUGA:  Banggar DPRD Purwakarta Kroscek Usulan APBD 2023 Ke Sekretariat Pemkab

“Harapan kami supaya rekan-rekan yang punya kesempatan untuk naik tingkat bisa ikut semua untuk membantu proses kenaikan tingkat. Karena sangat sulit untuk mencari nilai kredit poinnya. Terutama untuk yang muda-muda,” harapnya.

Sekretariat tim PAK Kabupaten Batang Arief Rohman menambahkan, bahwa kegiatan seperti ini sangat menunjang kebutuhan guru terkait pengembangan diri. Kemudian dari publikasinya. Dua hal itu untuk peningkatan karir guru terkait kenaikan pangkat. Kegiatan ini menambahkan angka kredit pada pengembangan diri.

“Sangat penting sekali untuk guru bisa menulis, karena itu mengukur bagaimana guru dapat menerapkan, mengaplikasikan strategi metode belajarnya dengan cara mengasah kemampuan menulis agat berimabas pada peningkatan literasi di era kurikulum merdeka,” ujarnya (Tok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: