25 C
Jakarta
Minggu, Februari 5, 2023
BKD Pemalang
HUT Kabupaten Pemalang

DAS Citarum Banyak Sampah, DLHK Akan Bangun Tempat Pengolahan Limbah

KARAWANG, MEDIA SERUNI -Dinas Lingkungan Hidup Karawang menggelar Focus Group Discussion (FGD) Akselerasi Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) DAS Citarum, Jumat (18/09/2020).

Dalam forum tersebut membahas fasilitas pengelolaan sampah di sepanjang daerah aliran sungai Citarum Karawang.

“Oleh karena itu beberapa program penanggulangan yang kita lakukan adalah membangun tempat pengolahan limbah dan sampah terpadu dan mengubah kebiasaan masyarakat membuang sampah ke Citarum,” kata Kasi Pengendalian Pencemaran Udara & Iklim DLHK Sri Mukti.

Selain itu, sambung Sri, pemerintah daerah juga telah menyusun peraturan untuk dapat merencanakan, mengatur, dan mengawasi segala macam bentuk kegiatan untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Dansektor 19 Satgas Citarum Kolonel Chb. Widodo, menambahkan beberapa fasilitas telah dibangun untuk menanggulangi masalah Citarum di antaranya adalah pembuatan pipa gendong dan CCTV.

“Pemasangan CCTV untuk memantau langsung kondisi air, termasuk memantau bila ada pelanggaran seperti pembuangan limbah dan sampah. Sementara pipa gendong berfungsi untuk mempercepat pengaliran air jika sungai meluap dan juga untuk saluran limbah,” ungkap Widodo.

Menurut Widodo, telah dibangun fasilitas pengolahan IPAL komunal dan pengolahan limbah kotoran hewan, agar tidak langsung dibuang ke Citarum. (red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: