25 C
Jakarta
Minggu, Februari 5, 2023
BKD Pemalang
HUT Kabupaten Pemalang

Akhir 2021 Beroperasi, Karawang Punya PLTGU Terbesar di ASEAN

KARAWANG, MEDIA SERUNI – Pengembang dan Operator Pembangkit Listrik Tenanga Gas Uap (PLTGU) PT Jawa Satu Power (JSP), menargetkan pembangkit listrik berkapasitas 1760 Mega Watt (MW) di Karawang, Jawa Barat sudah bisa beroperasi akhir 2021 mendatang.

Saat ini perusahaan baru saja mendatangkan gas turbin GE yang pertama untuk proyek ini. Rencananya, dibutuhkan dua gas turbin dalam proyek pembangkit listrik tersebut. Pasalnya, ini merupakan PLTGU dengan turbin ganda yang membuatnya menjadi pembangkit combine cycle single shaft block terbesar di Asia Tenggara.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas Direktur Utama Jawa Satu Power Indra Trigha, dalam keterangan resminya, Jumat (18/9/2020). “Kemajuan konstruksi yang dicapai saat ini tidak terlepas dari sinergi antara Jawa Satu Power dengan EPC yang dipimpin oleh GE, meskipun banyak tantangan di tengah Covid-19,” ucap Indra.

Indra juga mengaku bangga ketika disinggung kedatangan gas turbin 9HA.02 yang pertama untuk Proyek Jawa-1. Proyek PLTGU Jawa-1 merupakan bagian dari proyek 35 giga watt (GW) yang dicanangkan pemerintah. “Pembangkit berkapasitas 1.760 MW ini diperkirakan bisa melistriki hingga 11 juta rumah di Indonesia,” tambah Indra.

Sementara, Country Leader GE Gas Power George Djohan mengatakan, meski ada tantangan dari pandemi Covid-19, namun GE terus berupaya memastikan kemajuan proyek Jawa Satu. Sejak dimulainya konstruksi pada 2018, menurutnya GE telah mencapai 16 juta jam kerja tanpa lost time injury.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: