31.1 C
Jakarta
Minggu, Februari 5, 2023
BKD Pemalang
HUT Kabupaten Pemalang

Wow, 26 Ribu Kendaraan ‘Siluman’ Ada di Karawang Samsat Pastikan Akan Menelusuri

KARAWANG, MEDIASERUNI.COM – Kantor Samsat Karawang menelusuri sebanyak 26.000 kendaraan bermotor ‘siluman’ yang sudah beralih fungsi dan tidak melakukan daftar ulang kendaraan bermotornya (KTMDU).

Kepala Samsat Karawang Dra. Hj. Elis Yatimah MM mengatakan itu kepada Mediaseruni.com, Kamis (21/11/2019) di kantornya. Menurut Elis, puluhan ribu kendaraan bermotor itu awalnya terdata sebagai wajib pajak. “Di Karawang ini ada 26.000 jumlahnya yang sudah tidak pernah melakukan KTMDU. Padahal awalnya kendaraan-kendaraan itu merupakan kendaraan wajib KTMDU,” ucap Elis.

Masih dijelaskan Elis, sebetulnya ada 5.400 unit jumlahnya namun yang akan ditelusuri 26.000 dulu, dan sisanya dilakukan secara bertahap. “Nanti akan ada petugas melakukan penelusuran ke kecamatan-kecamatan untuk mèngetahui riwayat kendaraan-kendaraan yang dimilikinya, apakah masih ada atau tidak kendaraannya,” kata Elis.

Bagaimana Samsat mengetahui persisnya jumlah kendaraan ‘siluman’ ini, Elis mengatakan, Kantor Samsat tahu karena awalnya kendaraan-kendaraan ini membayar pajak kendaraan bermotornya. “Setiap jual beli kendaraan bermotor kan datanya ada di kita. Jadi, mana kendaraan yang masih membayar PKB dan mana yang tidak kita mengetahuinya,” terang Elis.

Kendaraan-kendaraan yang sudah tidak melakukan daftar ulang ini, dikantakan Elis, umumnya sudah beralihfungsi. Dari beberapa jenis yang dialihfungsikan Samsat menyasar kepada kendaraan odong-odong yang jumlahnya mencapai 26.000 ribu itu. Puluhan ribu kendaraan ini kini sudah berubah menjadi kendaraan ekonomis. Karenanya, terang Elis, kalau memungkinkan tertelusuri ada kemungkinan akan ada regulasi tentang odong-odong ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: