31.1 C
Jakarta
Minggu, Februari 5, 2023
BKD Pemalang
HUT Kabupaten Pemalang

Wisma Atlet Cilodong akan Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Covid-19

DEPOK, MEDIA SERUNI – Wisma Atlet Cilodong direncakan akan dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19. Rencana itu dilakukan melalui kerjasama dengan pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Di Kota Depok terdapat Wisma Atlet milik Kostrad yang memiliki kapasitas tempat tidur sebanyak 600. Lokasinya pun berdekatan dengan batalyon kesehatan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono, Selasa (29/9/2020).

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok optimistis bersama semua pihak bisa menjadi pengurai kasus Covid-19. Selain juga didukung Sumber Daya Manusia (SDM). Selain didukung fasilitas pelayanan kesehatan yang bisa dikembangkan.

Hardiono melanjutkan, Tim Task Force Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sendiri sudah mengunjungi Wisma Atlet Kostrad Cilodong pada Jumat, 25 September 2020. Kunjungan Kemenkes tersebut untuk memastikan kesiapan rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Depok.

Kota Depok memiliki 21 rumah sakit dan menyiapkan tiga rumah sakit rujukan sesuai dengan SK Kemenkes. Depok sebenarnya sudah memiliki rumah sakit yang memiliki fasilitas memadai untuk Penanganan Covid-19, yaitu Rumah Sakit (RS) UI.

RS UI memiliki kapasitas yang dapat dikembangkan hingga sekitar 450 tempat tidur (TT) untuk pelayanan khusus. Pihak RS UI sendiri juga siap apabila dijadikan sebagai RS Pusat Rujukan Covid di Depok.

Sebelumnya RS UI sudah menyiapkan 13 TT Intensif Covid-19 dengan 5 Ventilator, 2 IGD Isolasi serta 42 TT untuk isolasi, yang berada di dua lantai. Yaitu lantai 13 dan 14 yang dikhususkan untuk melayani Covid-19. “Dengan adanya RS yang dikhususkan ini harapannya dapat mengurangi penumpukan pasien di RS lainnya mengenai ketersediaan tempat tidur,” tandasnya. (Mia Nala Dini)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: