logo

Warga Karawang Disarankan Optimalkan Pekarangan Rumah Selama Musim Kemarau

5e82cd3a-92c9-495e-bb31-f95ba4c6d6b7

Mediaseruni.co.id, KARAWANG – Kekeringan yang terjadi di Karawang tidak hanya berdampak pada ketersediaan air bersih saja tetapi juga terhadap ketahanan pangan.

Kepala Bidang (Kabid) Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yayat Rohiyati menyarankan agar memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami buah dan sayur, guna mengurangi dampak akibat kekeringan.

“Kultur tanah Karawang mungkin tidak sesuai untuk tomat dan cabe. Tapi kalau dirawat di halaman rumah, mungkin akan terhindari dari dampak kekeringan yang ada, karena memang terlihat dan mudah dirawat,” ujarnya, Rabu 4 Oktober 2023.

Baca Juga:  Pergantian Sekretaris KONI Karawang Resmi Hari Ini

Lanjutnya, untuk dampak di tanaman holtikultura tidak begitu terlihat. Hal ini disebabkan oleh adanya pasokan sayuran yang di kirim oleh daerah lain. Ia mengaku saat ini padi merupakan pasokan pangan yang mengalami dampak cukup signifikan.

“Sebetulnya holtikultura juga terdampak, tapi gak kelihatan signifikan. Karena sayuran-sayuran yang ada pun sedikitnya ada impor juga dari daerah lain,” tambahnya.

Baca Juga:  Personel Band Aftershine Meneduhkan Karawang dengan Lagu Religi dan Salawat

Sejauh ini ketersediaan beras di Kabupaten Karawang ada sebanyak 85 ton. Jenis beras tersebut merupakan jenis medium dalam negeri. Ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak mengalami panik buying.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566