23.9 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Warga Harendong Antre Air Bersih Lagi

TEGALWARU, SERUNI – Puluhan ember dan jerigen berukuran besar antre mendapatkan air bersih di Kampung Harendong, Desa Cinta Langgeng, Kecamatan Tegalwaru. Sementara pemiliknya menunggu tak jauh dari lokasi antrean.

Kendati demikian warga menilai bantuan yang dikucurkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) itu bukan yang mereka harapkan.

“Kami berharap pemerintah Karawang memberi solusi supaya tahun depan kami tidak lagi mengalami kekeringan,” ucap Otih (43) warga kampung Bakan Harendong kepada SERUNI, Jumat (6/9) pagi.

Ditambahkan Otih, setiap tahun warga di kampungnya harus kesulitan air bersih ketika kemarau datang. Bahkan sudah ratusan truk tangki air yang membantu mereka.

“Bantuan yang datang sudah banyak, baik dari pemerintah maupun dermawan. Tapi kami berharap ada sebuah formula agar ketika kekeringan datang melanda di kampung kami tidak kesulitan air,” ucapnya.

Hal itu dibenarkan Ketua RT 004 Desa Cintalanggeng Kurnia. Setiap tahun warganya mengalami kesulitan air bersih, terutama untuk minum juga mencuci piring dan wudhu.

Memang diakui Kurnia, bantuan air ada saja. Selain dari BPBD juga pihak lain seperti ACT, pramuka, dermawan, LSM juga dari pihak-pihak yang peduli. Tetapi bantuan itu hanya cukup buat sehari itu saja.

“Kalau bantuan tidak ada warga berburu air ke sumber-sumber air yang masih mengeluarkan air. Seperti Sungai Cigeuntis dan Cibeet meski jaraknya kiloan meter,” terang Kurnia.

Sementara Kepala Desa Cintalanggeng, Emuh, kepada SERUNI mengatakan kesulitan air ini sudah berlangsung sejak tahun 2003. Namun saat ini pemerintah tengah menyiapkan solusi jangka panjangnya, sehingga air tetap tersedia di musim kemarau.

“Sekarang kami tengah membuat program Pamsimas. Ini program penyediaan air bersih untuk masyarakat. Teknis ini sudah disepakati pemerintah Jawa Barat. Mudah-mudahan bisa menjadi solusi,” katanya.

BACA JUGA:  17 Ribu Penari Gokar Sore Ini Pecahkan Rekor Muri di Galuh Mas

Pamsimas merupakan program penyedia air minum dan sanitasi berbasis masyarakat. Konsepnya melakukan pengeboran sampai ke titik mata air. Lalu dibangun pos tower untuk bisa disalurkan ke rumah-rumah secara terintegrasi. (yofa)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: