25 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Tujuh TPI Dijatah Rp 40 Juta Disuruh Melaksanakan Pesta Laut

CIPARAGE, MEDIA SERUNI – Nadran laut serentak digelar di tujuh lokasi pesisir Karawang, kemarin siang. Masing-masing lokasi, dijatah anggaran Rp 40 jutaan dari Pemkab Karawang.

Meski demikian, pelaksanaan pesta laut di beberapa Tempat Pelelangan Ikan (TPI) tetap berlangsung meriah, tanpa kecuali pusatnya di Desa Ciparagajaya, meskipun tanpa dihadiri Bupati Karawang, dr Cellica Nurahhadiana.

“Iya, kita dijatah Rp 40 jutaan, tapi dari nelayan dan Pak Dewan Budianto itu sekitar Rp 70 jutaan. Alhamdulillah walau tanpa dihadiri Ibu bupati tahun ini, kegiatan tetap kita laksanakan sebaik mungkin,” kata Manajer TPI yang juga Kades Ciparagejaya, Kabun.

NADRAN: Semarak pesta laut di Pantai Putih, Ciparagejaya. Selain perahu hias nadran ini juga melarung kepala kerbau.

Ia menambahkan, Koperasi Produksi Perikanan Laut (KPPL) Samudramulya, memang sedang kurang baik dengan persoalan internalnya, namun tidak pernah mengurangi kekhidmatan acara pestanya nelayan.

Dengan anggaran seadanya itu, pihaknya tetap bisa menggelar Ruwat wayang kulit, membeli kerbau, menghias perahu kapalan hingga hiburan Reog Ponorogo dan turnamen voli dihari-hari sebelumnya. “Walaupun ada persoalan internal nelayan di koperasi, tetapi tidak mengurangi kekhidmatan pesta laut ini,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Manajer TPI Pasirputih Nurjaya, pihaknya mengakui mendapati anggaran dari Pemkab itu untuk penyelenggaraan pesta laut Rp 47 jutaan, selebihnya untuk menutupi kekurangannya, menggunakan anggaran swadaya nelayan dan sponsorship.

Karenanya Nurjaya mengucapkan terimakasih kepada pemkab, juga nelayan yang sudah terlibat mensukseskan nadran laut, khususnya di Pasirputih. “Iya, sekitar Rp 47 jutaan, alhamdulillah kegiatannya lancar,” katanya.

Kabid Perikanan DKP Karawang, Durrahim mengatakan, tahun ini Pemkab alokasikan anggaran untuk memeriahkan HUT Karawang 386 di 7 TPI untuk selenggarakan nadran laut. Tujuh TPI itu Pasirputih, Ciparagejaya, Cipucuk, Sungaibuntu, Pakisjaya, Sedari dan Cemarajaya. “Alhamdulillah, meskipun di semua lokasi tidak ada yang dihadiri bupati, tapi beberapa perwakilan OPD hadir di lokasi pesta laut,” ungkapnya. (Rudi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: