25 C
Jakarta
Minggu, Februari 5, 2023
BKD Pemalang
HUT Kabupaten Pemalang

Tujuh Organisasi Wartawan Sukabumi Siap Audiensi dengan Diskominfo Bahas Alokasi Anggaran

Mediaseruni.co.id, SUKABUMI JABAR – Tujuh organisasi wartawan di Kabupaten Sukabumi melakukan persiapan audiensi, Minggu 25 Desember 2022.

Kegiatan berlangsung di Sekretariat Bersama (Sekber) Armasita di Kecamatan Parungkuda, terkait rencana organisasi wartawan tersebut bertemu Diskominfosan Kabupaten Sukabumi.

Dalam pertemuan itu nanti ketujuh organisasi wartawan akan mempertanyakan anggaran Diskominfosan yang sangat besar dan pengalokasiannya.

“Audiensi itu nanti sebagai tindak lanjut apa yang pernah dilakukan Ormas Laskar Merah Putih Kabupaten Sukabumi saat audensi kepada Diskominfosan,” ungkap Yopi Sulaeman Dewan Penasehat Media Independen Online (MIO) Indonesia Provinsi Jawa Barat.

Audiensi yang dihadiri Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi di Aula Gedung DPRD ketika itu, terang Yopi, sempat menyinggung anggaran Diskominfosan yang sangat besar.

Hal sama juga diungkapkan Ketua Umum Gabungan Penulis Pewarta Sukabumi (GAPPS) Hariantani Oeba. Namun pria akrab disapa Rhigon ini menyoroti peran kontrol sosial media.

“Anggaran yang ada di ranah Diskominfosan Kabupaten Sukabumi diduga cukup besar. Kita (media massa) sebagai kontrol sosial wajib mengetahui dan ini perlu adanya audensi terhadap Diskominfosan,” terang Hariantani.

Sementara Ketua Umum Forum Jurnalis Kreatif Konsisten (FJKK) Aldi Boom menyinggung soal transparansi kebijakan yang menurut dia perlu dilakukan.

“Transparansi merupakan sebuah konsep yang sangat dibutuhkan oleh semua elemen. Dan pejabat harus mampu mewujudkan transparansi ini,” ungkap Aldi.

Begitupun Ketua Dewan Perwakilan Daerah Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO-Indonesia) Kabupaten Sukabumi, Heriyadi. Menurut dia Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dibutuhkan dalam pengelolaan informasi untuk diketahui masyarakat.

“Diskominfosan sebagai corong utama kegiatan pemerintah daerah tentunya menggunakan anggaran. Sementara UU KIP mengamanatkan tentang keterbukaan informasi yang perlu diketahui masyarakat, termasuk penggunaan anggaran,” ucap Heriyadi.

BACA JUGA:  Pemuda Terciduk Polisi, Saat Hendak Transaksi Narkoba

Sedangkan Sigar Silitonga dari Dewan Pembina Forum Komunitas Wartawan Sukabumi Bersatu (FKWSB) mengucapkan terima kasih kepada awak media yang peduli terkait keadaan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Saya berharap Kabupaten Sukabumi bisa lebih maju kedepannya, dan mari kita jangan mari aku. Artinya mari kita sama sama membangun kabupaten sukabumi,” ucap Sigar. (Mds/Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: