logo

TPPAS Regional Lulut Nambo Siap Beroperasi Penuh Maret 2024

TPPAS LULUT NAMBO: Petugas TPPAS Regional Lulut Nambo melakukan pemrosesan sampah yang ditumpahkan mesin pengolah sampah. TPPAS ini direncanakan optimal beroperasi pada Maret mendatang. (Foto: Humas Jabar/Mediaseruni)

Mediaseruni.co.id, KABUPATEN BOGOR – Tempat Pembuangan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Lulut Nambo, di Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor, telah mencapai tahap uji coba, dan kini ditargetkan untuk beroperasi penuh pada Maret 2024.

Pernyataan ini disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah Jawa Barat Taufik Budi Santoso, setelah melakukan peninjauan langsung di lapangan TPPAS Lulut Nambo, Kamis, 11 Januari 2024.

Baca Juga:  Peresmian Padepokan 11 Elang Putih Dari Selatan Untuk Masyarakat Nusantara

“Rencananya, pada bulan Maret 2024, TPPAS Lulut Nambo akan diresmikan untuk tahap pertama pengoperasiannya,” ujar Taufik.

Dalam fase uji coba ini, sejumlah truk pengangkut sampah dari Kabupaten Bogor terlihat membuang sampah ke lokasi TPPAS Lulut Nambo. Sampah kemudian masuk ke dalam mesin pencacah untuk menjalani proses biologis.

Hasil pengolahan sampah dipisahkan menjadi tiga kategori, yaitu kompos, biomas, dan Refuse Derived Fuel (RDF). RDF ini akan diambil oleh PT Indocement sebagai offtaker.

Baca Juga:  Korban Meninggal Tertimbun Longsor di Bogor Dikebumikan

“Saat ini, kami fokus pada uji coba. Telah berhasil menghasilkan RDF dan bahkan mendapatkan biomas yang dapat digunakan sebagai alternatif bahan bakar,” tambah Taufik dengan optimisme.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566