23.9 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Tolak Omnibus Law Mahasiswa Gelar Sidang Rakyat di Gedung Paripurna DPRD

KARAWANG, MEDIA SERUNI – Setelah dorong-dorongan dengan petugas, sekitar 200 mahasiswa tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pangkal Perjuangan (Ampera), berhasil menerobos gedung DPRD dan menduduki Gedung Paripurna sebelum kemudian menggelar sidang rakyat.

Ratusan mahasiswa ini sepakat menolak Undang Undang Omnibus Law yang disahkan DPR RI. Pimpinan sidang dari perwakilan masing-masing universitas dan sidang berlangsung atas kesepakatan bersama mahasiswa, Sekretariat DPRD dan aparat keamanan.

“Sidang rakyat itu sudah di gelar dari targetannya pun sudah tercapai secara politis dan secara simbolis, serta tidak ada interpensi harus ke pusat,” tandas Ujang Rahmat dari LBH Cipta Keadilan Rakyat (Cakra).

Ujang yang mengaku bertanggung jawab terhadap massa aksi, menuturkan itu karena sempat terjadi intervensi ketika sejumlah perwakilan mahasiswa meminta agar hasil sidang ditanda tangani Ketua DPRD dan Sekretaris Daerah.

“Tetapi setidaknya ada harapan mahasiswa, bahwa di Karawang ini juga masalah Omnibus Law ini telah menjadi pembicaraan serius yang masih terkontradisi terhadap kebijakan pemerintah,” lanjut Ujang.

Tolak Omnibus Law Mahasiswa Gelar Sidang Rakyat di Gedung Paripurna DPRD
Tolak Omnibus Law Mahasiswa Gelar Sidang Rakyat di Gedung Paripurna DPRD

Masih dikatakan Ujang perjalanan sidang yang harusnya hanya simbolis, karena dirinya juga sebagai kuasa hukumnya dan harus menjaga kondusifitas aksi.

“Saya bertanggung jawab kepada teman-teman, kepada aparatur pemerintahan, kepolisian terutama makanya tadi ada beberapa hal yang saya protes kepada korlap lantaran tidak sesuai dengan kesepakatan,” tegas Ujang.

Dikatakan Ujang, tujuan sidang hanya simbolis saja tidak berarti benar-benar sidang rakyat karena tidak memenuhi beberapa unsur. Peserta sidang hanya menyampaikan poin-poin yang pro terhadap rakyat. Minimal bisa mewakili mahasiswa dan buruh tani di Karawang.

Wartawan : Dede Suryana
Editor : Azhari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: