31.7 C
Jakarta
Jumat, Januari 27, 2023

Tanpa Wacana Sanksi Pidana, Polisi Purwakarta Humanis Ingatkan Warga Pakai Masker

PURWAKARTA, MEDIA SERUNI – Kendati belum ada wacana menerapkan sanksi pidana terhadap pelanggar protokol kesehatan, namun pihak kepolisian Purwakarta bersama TNI dan pemerintah daerahnya semakin gencar melakukan Operasi Yustisi dengan cara humanis.

Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan melalui Wakapolres Kompol Satrio Prayogo mengatakan, Operasi Yustisi ini dalam rangka Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN). Selain mendisiplinkan masyarakat menggunakan masker sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19.

“PCPEN bisa dilakukan dengan kebiasaan tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) dan tidak berkerumun,” ucap Wakapolres Satrio kepada Media Sseruni, Senin (21/9/2020).

Ia mengklaim, pihaknya bersama TNI dan Satpol PP Kabupaten Purwakarta telah melaksanakan operasi yustisi secara masif, petugas bersikap humanis menindak pelanggar protokol kesehatan yang tidak menggunakan masker saat beraktifitas di luar.

“Petugas gabung dari TNI-Polri dan Satpol PP serta Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan berpatroli secara mobile menindak pelanggar sesuai Perbup. Diharapkan tindakan ini akan membuat masyarakat tertib untuk mematuhi protokol kesehatan,” ucap Satrio.

Selain itu, sambung dia, dalam operasi yustisi ini dilakukan juga sosialisasi pencegahan dan pendisiplinan protokol kesehatan. Seperti memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu memakai masker, sanksi sosial hingga sanksi fisik berupa push up.

Satrio sama sekali tidak menyinggung kemungkinan akan adanya wacana menjerat pidana para pelaku pelanggar protokol kesehatan, kecuali dengan tindakan humanis sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Untuk hari ini, lanjut Satrio, pihaknya melakukan operasi yustisi di sejumlah titik diantaranya, Jalan Desa Citalang, Pertigaan KBI jalan Cikopo – Sadang serta kawasan industri dan seputar Pasar Jumat, jalan Sudirman, Pos Pol 4, hingga SPBU Jalan Baru.

BACA JUGA:  Pengaruh Dinamika Global Terhadap Inflasi di Purwakarta

“Dari beberapa titik itu, 270 orang yang lalai akan protokol kesehatan terjaring operasi yustisi. Selain itu, kami juga bagikan 1.200 masker kepada masyarakat Purwakarta,” jelas Satrio.

Selain di titik-titik tersebut, ia menambahkan, Operasi Yustisi juga dilaksanakan secara serentak di 14 Polsek jajaran Polres Purwakarta, serta tim yang bergerak secara mobile.

“Kami juga mewajibkan setiap personel Polres Purwakarta membawa masker cadangan setiap harinya, sehingga dapat diberikan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker. Kami berharap dengan menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan, penyebaran Covid-19 bisa terputus sehingga semua kembali normal,” pungkasnya.

Wartawan : Maulvie
Editor : Mayadasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
27PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: