25 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Sungai Tersier Pangasinan Meluap, Petani Sekitar Resah

KARAWANG, MEDIASERUNI.COM – Panen telah tiba, bagi petani merupakan sebuah berkah. Tidak terkecuali dengan petani di kampung Suka makmur Kecamatan Telukjambe timur. Namun sayang, akibat meluap sungai pengasinan dari kampung Karang ligar kecamatan Telukjambe barat, sawah mereka terendam.

“Meskipun terendam, ya karena sudah waktunya panen harus kami panen, sayang lah. Cuma agak sedikit repot, karena sawah kami terendam ,” terang Karna (34) petani kampung Tegalluhur desa Sukamakmur Kecamatan Telukjambe barat kepada mediaseruni.com, Selasa (31/12) pagi tadi.

Ia pun mengaku, bahwa hampir dipastikan setiap musim hujan pasti alami hal itu. Bukan saja dirinya yang alami hal itu, namun sebagian petani yang dekat dengan saluran tersier Pengasinan banyak alami sawah terendam akibat meluap.

H. Mpud (44) warga lainnya pun mengungkapkan hal yang sama, bahwa banyak petani keluhkan saat masuki musim hujan sawah mereka terendam banjir. Namun hanya areal sawah yang dekat dengan kali tersier Pengasinan saja.

Apalagi, lanjut Mpud di wilayah Dusun Kampek, Desa Karangligar sudah dipastikan setiap tahun sawah mereka sering terendam banjir akibat sungai meluap. “Kalau bisa ada solusi jangka panjang, agar petani tidak lagi terendam sawahnya ,” harapnya.

Terpisah, Kepala desa Karangligar kecamatan Telukjambe barat, Hj. Eneng Komariah .SH, menjelaskan pemkab Karawang pernah melakukan riset oleh akademisi perihal karakter kali tersier Pangasinan dan dampak banjirnya,” Sampai saat ini kami tengah menunggu hasilnya, dan harapan kami pun sama kali tersier tidak lagi menjadi persoalan ke depannya ,” harapnya. (tim seruni)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: