logo

Status Bencana Tegalwaru Ditingkatkan Jadi Tanggap Darurat, Benni Irwan: Masyarakat Harus Tetap Waspada

benni irwan

Mediaseruni.co.id, PURWAKARTA – Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan, mengumumkan peningkatan status darurat akibat bencana longsor di Gunung Anaga Desa Cisarua dan Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru.

Status darurat, yang semula siaga darurat, kini ditingkatkan menjadi tanggap darurat. Hal ini mencerminkan situasi di mana bencana telah benar-benar mengganggu kehidupan masyarakat, memicu kegiatan penyelamatan, evakuasi, dan pemulihan.

Baca Juga:  Investasi di Purwakarta Rp 14,8 Triliun Melebihi Target BKPM

Langkah ini diambil setelah hasil mitigasi bersama Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (BPVMBG). “Kita juga mendapatkan pemaparan BPVMBG tentang kondisi sekarang dan potensi kondisi di wilayah itu dan longsor di wilayah yang lain,” kata Benni Irwan, di Aula Janaka, Rabu 17 Januari 2024.

Masih mengacu pada paparan BPVMBG, dikatakan Benni, jika intensitas hujan tinggi diperkirakan akan terjadi longsor susulan, yang kemungkinan potensinya lebih besar dampaknya dari yang sekarang terjadi di Desa Sukamulya, ada di zona kuning.

Baca Juga:  Tim Penyusun RKPDesa 2024 Desa Citalang Siap Bertugas

“Sementara untuk di Pasir Muncang berdasarkan observasi yang dilakukan, jika hujannya besar intensitasnya atau sama seperti dengan hujan yang lalu, di Pasir Muncang itu juga akan potensi longsor baru,” ujar Benni.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566