logo

SIM Habis Tanggal 8 – 11 Februari, Bisa Perpanjangan Tanpa Ujian Tulis dan Praktek

sim yang baru

Mediaseruni.co.id, JAKARTA – Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi satu dari beberapa dokumen yang wajib dibawa saat mengemudi di jalan, baik menggunakan mobil maupun sepeda motor. Namun, penting untuk diingat bahwa masa berlaku SIM merupakan hal paling penting.

Jika kedaluwarsa, pemilik SIM harus membuat yang baru dengan mengikuti ujian tulis dan praktik seperti saat pertama kali. Namun, tradisi masa berlaku SIM yang sebelumnya bersesuaian dengan tanggal lahir kini telah berubah.

Baca Juga:  Segini Gaji yang Bisa Dibawa Pulang Prajurit TNI Setelah Jokowi Teken Aturan Kenaikan Gaji 8 Persen

Sekarang, SIM kedaluwarsa sesuai dengan tanggal penerbitan. Meskipun proses perpanjangan bisa dilakukan di Satpas SIM atau mobil SIM keliling yang disediakan oleh kepolisian, tetapi bagaimana jika masa berlaku SIM habis pada hari libur atau cuti bersama?

Mengutip VIVA Otomotif dari laman Twitter @TMCPoldaMetro, Jumat 9 Februari 2024, Polda Metro Jaya memberikan dispensasi bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal hari ini hingga Minggu, 11 Februari mendatang.

Baca Juga:  Ketua KPK Diperiksa Polda Metro Jaya Selasa Mendatang

Tidak hanya itu, untuk mereka yang masa berlaku SIM-nya habis pada tanggal tersebut, dapat melakukan perpanjangan di Senin, 12 Februari tanpa harus mengikuti prosedur pembuatan SIM baru.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566