25 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Seniman Ukir Cintalanggeng Merasa Bangga Dipuji Bupati Cellica

DISAAT anak muda seusianya sibuk mencari kerja, melamar kesana – kemari, Kiky (22) justru sibuk mengasah kemampuannya dalam berkarya.

Kiky (kanan) foto bersama penari goyang karawang.

Kiky pemuda Desa Cintalanggeng, KecamatanTegalwaru berkarya melalui ukiran kayu. “Sekarang mungkin lapangan pekerjaan makin sulit yah, saya sendiri memang menjadi buruh pabrik, tapi untuk saat ini saya berpikir lebih baik menjadi wirausahawan meskipun penghasilan belum seberapa, minimal saya sudah berusaha untuk mencukupi kebutuhan sendiri,” ungkap Kiky ketika disowani MEDIASERUNI.COM, Kamis (24/10/2019) di rumahnya sekaligus bengkel seninya.

Kiky menekuni seni ukir foto dari kayu. Lima tahun lalu Kiky lulus SMK di wilayah Pangkalan. Alasannya memulai usaha adalah sulitnya lapangan kerja dan akses informasi lowongan kerja saat ini. Dia juga mengeluhkan soal terikatnya jam kerja saat ia masih menjadi buruh pabrik.

”Saya memulai wirausaha ini baru sekitar setahun lebih, meskipun saat ini hasil karya saya belum terlalu dikenal luas dan produksinya juga masih di halaman rumah yang sempit tapi saya menikmatinya,” tutur Kiky.

Sekarang ini pemesan produknya pun mulai beragam, dari kalangan pejabat hingga anak muda, terutama untuk keperluan aksesoris pernikahan. Dirinya juga pernah beberapa kali ikut pemeran, terakhir di Festifal Goyang Karawang 29 September lalu, Kiky memajang karyanya di stand yang di sewa Bumdes Cintalanggeng.

Bahkan saat itu ia juga berkesempatan memberikan cinderamata hasil karyanya kepada Bupati Karawang, dan berfoto bersama. “Mungkin kebanggaan tersendiri sih saat hasil karya saya dipuji bupati. Malah saya senang sekali bisa ikut foto bersama beliau. Harapannya sih semoga pemerintah kedepannya memperhatikan penggiat wirausaha semacam kami,” pinta Kiky. (irvan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: