logo

Satwa Langka Katak Pohon Mutiara Ditemukan di Pegunungan Sanggabuana

kodok

Mediaseruni.co.id, KARAWANG – Satwa langka endemik Pulau Jawa yakni katak pohon mutiara (Nyxtixalus margaritifer) ditemukan di sekitar Pegunungan Sanggabuana.

Katak Pohon Mutiara ini ditemukan tim Sanggabuana Wildlife Ranger (SWR), bagian dari Sanggabuana Conservation Foundation (SCF) yang melakukan melakukan penelitian dan pendataan keanekaragaman hayati di Pegunungan Sanggabuana.

Hewan langka endemik Pulau Jawa ini di aliran sungai Cikoleangkak sekaligus mengejutkan para pelestari alam dan peneliti. Tim SWR saat itu sedang melakukan eksplorasi dan pendampingan kegiatan pengenalan biodiversitas.

Baca Juga:  Wajib Mengenakan Jas Saat Dilantik, Bupati Aep: Biar Cakep

Kegiatan itu dilakukan bersama Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Islam As-Syafi’iyah Pondok Gede, pada tanggal 8 September 2023.

“Penemuan katak pohon mutiara terjadi pada malam hari ketika sedang memperkenalkan herpetologi dan satwa nocturnal kepada mahasiswa Hima Biologi Universitas Islam As-Syafi’iyah,” kata Koko, Kepala Divisi Litbang SCF.

Katak ini ditemukan berada di sebuah daun pohon ketika mereka menyeberangi sungai kecil di bawah Curug Cikoleangkak menuju basecamp mereka di Cikoleangkak. Lokasi penemuan katak pohon mutiara ini berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga:  Besok Calon Direksi PDAM Karawang Diumumkan

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566