31.7 C
Jakarta
Jumat, Januari 27, 2023

Santun Kepada Semua Orang

KALAU mau jadi Mojang Karawang harus bisa bahasa sunda loh, selain mahir berbahasa Inggris, disamping punya wawasan luas mengenai budaya dan kesenian di daerahnya.

Kalau kedua syarat itu terpenuhi, nah, bolehlah mendaftar untuk jadi peserta Mojang Jajaka Karawang. Tetapi tahun berikutnya ya, karena untuk tahun ini sudah dibuka awal-awal bulan lalu.

Sekedar informasi saja ya, dari Putri Sri Lestari dan Jamaludin. Putri ini Mojang Wakil 1 Kabupaten Karawang dan Jamaludin Finalis Jajaka Kabupaten Karawang. Mereka berdua inipun sudah melalui berbagai perayaratan tersebut.

“Memang sih, aku ditanya soal pengetahuan umum, terutama tentang budaya dan kesenian. Alhamdulillah, aku bisa menjawabnya dengan baik,” tutur Putri, sapaan akrab cewek berpostur tinggi semampai ini.

Tapi bukan cuma soal budaya dan kesenian, lanjut Putri, kemampuan berbahasa sunda juga diuji. Disamping kemahiran berbahasa Inggris dan bakat yang kita punya. “Kalau mengenai pariwisata, aku juga diminta untuk menyebutkan ada objek wisata apa aja di Karawang. Itu aja sih,” ungkap Putri.

Sementara Jamaludin merasa harus selalu bersikap santun dihadapan teman-teman sepermainannya. Bukan menjaga imej sih, tetapi menjaga diri untuk tetap bersikap santun kepada semua orang.

“Mojang Jajaka inikan berada dibawah naungan Dinas Pariwisata dan Budaya. Karenanya kita pun mesti menunbuhkan imej baik di tengah masyarakat,” ungkap Jamal, sapaan akrab Jajaka Karawang ini. (azhari)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
27PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: