logo

Saatnya DLHK Pangkas Pohon Rawan Tumbang

BPBD KARAWANG: Gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karawang. (Red/Mediaseruni)

Mediaseruni.co.id, KARAWANG – Saatnya Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang melakukan pemangkasan terhadap pohon-pohon rawan tumbang.

Alasannya, selain bencana longsor dan banjir, potensi pohon tumbang juga tinggi. Terlebih kecenderungan hujan disertai angin kencang pun termasuk tinggi pada saat musim hujan.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang Mahfudin, kepada Mediaseruni.co.id, Senin 18 Desember 2023.

Baca Juga:  Program Karawang Cerdas Tahun Ini Rp 20 Miliar

“Dimohon kepada Dinas Lingkungan Hidup (LH) untuk melakukan pemotongan pohon-pohon di sekitar jalan yang akan berpotensi tumbang,” ucap Mahfudin.

Mahfudin merujuk pada data 2022 lalu. “Untuk potensi angin kencang data tahun 2022 yaitu di 30 kecamatan, namun intensitas paling tinggi di Tirtajaya, Cilebar, dan Lemahabang,” ucap Mahfudin.

Sedangkan untuk pergeseran tanah berpotensi di lima wilayah yang mengalami kekeringan yaitu Telukjambe Barat, Telukjambe Timur, Ciampel, Pangkalan dan Tegalwaru.

Baca Juga:  Membangun Solidaritas Bersama: Konsolidasi Akbar Serbuk Korwil Jabar

Disinggung mengenai posko-posko penanganan bencana, Mahfudin mengatakan, sudah ada posko siaga bencana. Baik bencana banjir, longsor, pergerakan tanah, rob, angin kencang dan pohon tumbang. Termasuk posko kesehatan dan dapur umumnya Dinsos.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566