logo

Rilis Terbaru BMKG, Kemarau Segera Berakhir Berganti Musim Hujan

Foto Ilustrasi Kepala BMKG Dwikorita Karnawati

Mediaseruni.co.id, JAKARTA – Kabar gembira datang dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia. Badan ini merilis musim kemarau segera berakhir dan berganti musim hujan.

Namun BMKG juga mengingatkan, masyarakat harus tetap waspada terhadap potensi banjir, longsor dan gangguan cuaca lainnya yang dapat terjadi selama musim hujan.

Dalam rilis terbarunya, Rabu 4 Oktober 2023, BMKG memprediksi musim kemarau akan berakhir pada bulan Oktober disebagian besar wilayah Indonesia, dan awal musim hujan akan dimulai secara bertahap pada awal November 2023.

Baca Juga:  Sah! Segini Besaran Gaji Satpam Indonesia 2024

Namun, keberagaman iklim yang menjadi ciri khas Indonesia membuat awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. BMKG juga memprediksi puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari hingga Februari 2024.

“Saat ini, Monsun Asia sudah mulai memasuki wilayah Indonesia, sehingga BMKG memprediksi bahwa bulan November akan menjadi awal dari turunnya hujan di beberapa daerah,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kepada wartawan.

Baca Juga:  Work From Home Ala Ridwan Kamil, Rencana Aksi Atasi Polusi Udara di Jabodetabek

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566