23.9 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Ratusan Warga Karangligar Sudah Meninggalkan Rumahnya, Air Masuk Sejak Pukul Tujuh Pagi

KARAWANG, MEDIASERUNI.COM – Hujan yang mengguyur Kabupaten Karawang selama hampir delapan jam mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah. Seperti terjadi di Kampung Pangasinan Desa Karangligar Kecamatan Telukjambe Barat, ratusan rumah dari 500 KK terkena dampak banjir.

Berdasarkan laporan Satgas BPBD Kabupaten Karawang, banjir akibat hujan dengan intensitas lebat dan luapan kali Cibeet masuk ke pemukiman warga lewat sodetan yang berada di Desa Parungsari Kecamatan Telukjambe Barat. Sehingga menyebabkan banjir dengan ketinggian muka air 10 – 100 cm.

“Kami terus memantau banjir yang dikonsentrasikan di Desa Karangligar dari jam 07.00 WIB. Laporan aparatur desa menyebutkan air sudah memasuki rumah-rumah warga,” ucap Kaming, petugas BPBD, Rabu (1/1/2020). Ia menerangkan air mulai naik sekitar pukul 04.00 WIB.

Sejumlah titik terdampak bajir seperti Kampung Pangasinan RT 02/01. Sebanyak 42 rumah dengan jumlah 54 KK dan 156 jiwa terendam banjir. Sementara di RT 03/01 jumlah rumah yang direndam banjir mencapai 83 rumah dari 104 KK dan 332 jiwa. Lalu RT 01/01 sebanyak 10 rumah dengan 15 KK dan 45 jiwa, RT 05/02 sebanyak 30 rumah 36 KK serta 112 jiwa.

Ratusan warga terdampak banjir saat ini mulai mengungsi di beberapa rumah warga yang masih aman dari genangan banjir. Sampai berita diturunkan tim BPBD Karawang bekerjasama dengan pemerintah desa setempat serta TNI dan Polri melakukan pengamanan dan pantauan. “Intensitas air masih meningkat. Kami terus melakukan pengawasan dan pemantauan di lapangan,” ucap Kaming.

Berdasarkan data mediaseruni.com, sebanyak 5 desa di wilayah Kecamatan Telukjambe Barat dinyatakan rawan banjir. Masing-masing Desa Wanajaya, Wanakerta, Karangligar, Parungsari dan Desa Wanasari. Sedangkan Telukjambe Timur tercatat enam desa rawan banjir, yakni Desa Telukjambe, Pinayungan, Sukaluyu, Sukamakmur, Purwadana dan Desa Sukaharja. (yofa)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: