23.9 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Puskesmas Loji dan Pemerintah Desa Cintawargi, Berantas Nyamuk Aedes Aegypti

KARAWANG, MEDIASERUNI.COM – Pemerintah Desa Cintawargi bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah ( UPTD) Puskesmas Tegalwaru, gelar pengasapan ( Fogging ) dan penyuluhan demam berdarah dan bahaya penyakit Chikungunya.

” Adanya Chikungunya itu disebabkan kurang bersihnya lingkungan. Sehingga menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus chikungunya. Selain itu juga banyak pakaian yang menggantung dan belum di cuci, salah satu sebab nyamuk jenis itu berkembang biak, maka harapannya dengan adanya penyuluhan kepada warga agar mau hidup sehat,” ucap Kepala UPTD Puskesmas kecamatan Tegalwaru. H. Ujang Suryana. SKM, Kepada mediaseruni.com, Minggu (29/12) pagi tadi.

Selain melakukan penyuluhan dan pengasapan ( Fogging), pihaknya pun memberikan ABATE di beberapa rumah warga. Dibawah komando Kepala desa, warga pun diharapkan sering melakukan kerjabakti dan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN). “Penyuluhan pun di lakukan di momentum konsentrasi masyarakat seperti pengajian, Posyandu dan kegiatan – kegiatan lainnya,” terang Ujang.

Sementara itu Kepala Desa Cintawargi Agus mengungkapkan, Pihaknya telah bermusyawarah dengan instansi terkait untuk menindaklanjuti warganya yang terkena Chikungunya. “Agenda besar kami , selain melaksanakan pencegahan warga akan kami ajak untuk memperbaiki saluran air agar tidak mampet dan menjadi sarang nyamuk, serta ke depan drainase pun akan di pasang U – Ditch agar saluran air terbebas dari sampah,” tegasnya.

Terpisah, Saat mediaseruni.com, sambangi warga yang terjangkit Chikungunya, Tri Sulistami ( 25 ) warga kampung Kawunggading Desa Cintawargi, mengaku kaget dengan apa yang dialaminya. Ia pun mengaku kakinya seperti mau lumpuh. ” Badan terasa linu, demam, persendian pada sakit semua tidak bisa bangun dan keluar bintik-bintik merah di badan, tadinya saya takut lumpuh, tapi setelah diperiksa bidan katanya saya terjangkit chikungunya, namun Alhamdulillah kini sudah agak mendingan ,” katanya. Ia pun pada kesempatan itu akan merubah pola hidupnya ke arah yang lebih sehat lagi. (pyan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: