26 C
Jakarta
Sabtu, Februari 4, 2023

Pupuk Subsidi Langka, Komisi II DPRD Karawang Gelar Hearing

KARAWANG, MEDIASERUNI.CO.ID-Langkanya pupuk bersubsidi, Komisi II DPRD Kabupaten Karawang menggelar rapat dengar pendapat atau hearing bersama Dinas Pertanian, Pupuk Kujang dan Bank Mandiri terkait kelangkaan pupuk bersubsidi, Rabu (9/9/2020) di gedung DPRD Karawang.

Ketua Komisi II DPRD Karawang, Anggi Rostiana Tarmadi menjelaskan kelangkaan pupuk bersubsidi salah satunya disebabkan oleh penundaan kartu tani yang belum bisa dilaksanakan di Karawang akibat belum siapnya sarana dan prasarana.

“Penundaan program kartu tani di Karawang ini menyebabkan terhambatnya distribusi pupuk bersubsidi dari Pupuk Kujang sebagai produsen. Namun memang jika dipaksakan agar kartu tani diberlakukan pun masih ada kendala pada sarana dan prasana yang belum siap,” ujar Anggi.

Penyebab lainnya, sambung Anggi, yakni alokasi pupuk bersubsidi di Karawang yang masih jauh dari kebutuhan. Tahun 2020 ini Karawang mendapatkan alokasi sebanyak 38 ribu ton pupuk subsidi, sedangkan kebutuhan mencapai 52 ribu ton.

“Alokasi 38 ribu ton ini pun merupakan hasil dari upaya Dinas Pertanian yang sharing bersama Komisi IV DPR RI. Karena awalnya hanya 27 ribu ton, lalu meningkat hingga 44 ribu ton. Namun karena alasan Covid-19 dikurangi menjadi 42 ribu ton dan dikurangi lagi menjadi 38 ribu ton,” tambahnya.

Anggota Komisi II DPRD, Dedi Sudrajat mengatakan, hearing yang digelar pihaknya bertujuan untuk mencari tahu titik permasalahan kelangkaan tersebut, sehingga dapat segera dicari formulasi yang tepat untuk menjadi solusi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: