25 C
Jakarta
Minggu, Februari 5, 2023
BKD Pemalang
HUT Kabupaten Pemalang

PUPR Lampung Utara Terancam tak Dapat Kucuran Dana DAK Fisik

LAMPUNG, MEDIA SERUNI – Carut marutnya pelaksanaan proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas PUPR Lampung Utara pada lima tahun kebelakang berbuntut fatal. Bupati Kabupaten Lampung Utara Agung Ilumu Mangku Negara dan Kadis PUPR Syahpudin gegara itu harus mendekam di hotel prodeo.

Keduanya terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK Oktober 2019 lalu karena fee proyek. Akibat dari kasus ini Kabupaten Lampung Utara terancam menjadi salah satu kabupaten di provinsi Lampung yang tak mendapatkan kucuran DAK fisik untuk infrastruktur jalan tahun 2021.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lampung Utara Syahrizal Adhar, Rabu (7/10/2020), tidak membantah maupun membenarkan kabar tersebut. Kepastian tentang kabar itu masih belum didapatnya karena masih menunggu pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2021.

Dikatakan Syahrizal, persoalan seputar DAK jalan untuk Lampung Utara masih dalam proses. Kepastiannya didapat atau tidaknya kucuran DAK jalan itu baru dapat diketahui pada awal November 2020 mendatang. ‎”Ya, Belum final. Nanti setelah APBD disahkan baru ada kepastian berapa besaran DAK untuk PUPR,” ujarnya.

Dijelaskan Syahrizal, besaran DAK jalan di PUPR tiap tahunnya mencapai sekitar Rp 50-an Miliar. Mengingat besarannya kucuran DAK jalan yang diperoleh itu, sangat disayangkan jika Lampung Utara tak mendapatkannya di tahun 2021 ini.

“Dana DAK ada sekitar Rp 50 Miliaran. Doakan mudah–mudahan Lampung Utara dapat DAK Infrastruktur jalan Tahun 2021 mendatang,” kata dia. ‎DAK merupakan alokasi dari APBN kepada provinsi/kabupaten/kota tertentu. Tujuannya untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan pemerintahan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: