25 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

PUPR Diminta Perbaiki Tambak Limpas Kali Situlampa Yang Rusak

KARAWANG, MEDIASERUNI.COM – Tambak Limpas Kali Situlampa di Desa Cigunungsari Kecamatan Tegalwaru sudah rusak. Selama ini tambak tersebut menjadi sumber air warga Desa Cigunungsari dan Cipurwasari.

Warga Kampung Sela awi Desa Cigunungsari Atim (52) mengatakan hampir sebagian masyarakat Desa Cigunungsari menggunakan air dari tambak limpas Kali Situlampa, baik untuk keperluan sehari-hari maupun mengairi sawahnya. “Kalau untuk keperluan sehari-hari masyarakat Kampung disini patungan beli pipa paralon yang ukuran sedang, sementara untuk kerumah-rumahnya pakai selang plastik,” ucap Atim yang juga ketua RT di Kampung Sela awi, Sabtu (21/12/2019).

Dari pantauan mediaseruni.com di lokasi, tambak limpas tersebut memang banyak pipa dan selang plastik ukuran kecil untuk mengalirkan air ke kampung dan kerumah-rumah, sementara untuk kesawah dialirkan melalui parit-parit kecil.

“Dulu ada warga disini membuat penampungan air yang ukurannya cukup besar dan airnya diperjual belikan ke tempat-tempat pengisian ulang air bersih. Bahkan sampai sekarang masih ada tapi tidak seramai dulu yang belanjanya,” ucap Atim.

Kepala Desa Cigunungsari Koko Komara ketika ditemui di rumahnya mengatakan tambak limpas itu usianya sudah tua dan sekarang kondisinya telah rusak sehingga tidak bisa menampung air secara optimal. “Kami sudah membuat surat pengajuan perbaikan ke Dinas PUPR Kabupaten Karawang serta ditembuskan ke anggota DPRD Kabupaten Karawang. Karenanya kami berharap tambak ini secepatnya bisa diperbaiki,” tutur Kepala Desa Cigunungsari. (pyan) 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: