logo

Problematika Wartawan Sudah UKW dan Belum UKW di Pemprovsu

FOTO BERSAMA: Wartawan yang tergabung dalam Forum Jurnalis Pemprov Sumatera Utara foto bersama usai Uji Kompetensi Wartawan. (Rizky/Mediaseruni)

Mediaseruni.co.id, MEDAN – Ada saja cerita tentang wartawan yang ‘berlabel’ Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan yang belum UKW di Sumatera Utara (Sumut). Namun dari banyak cerita itu, yang menarik adalah Wartawan UKW harus bisa menjaga kejujuran dan keberimbangan dalam menulis berita.

Itulah yang disampaikan Direktur UKW Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Firdaus, ketika menghadiri kegiatan UKW di Hotel Madani, Sumut. Hadir dalam momen tersebut Ketua PWI Sumut dan ketua KONI serta Pejabat Pemprovsu.

Baca Juga:  Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pj Gubernur Sumut Perkuat Sosialisasi

“Yang lulus UKW harus menjaga kejujuran untuk membuat berita dan harus seimbang dengan narasumber,” ucap Firdaus, saat kegiatan berlangsung pada Kamis 14 Desember 2023, lalu.

Menyinggung saran penambahan dana insentif bagi wartawan yang kompeten, Firdaus pun sependapat. Dia mengaku akan mengkomunikasikan di tingkat pusat dan berkolaborasi dengan pengurus organisasi lainnya terutama Dewan Pers.

Baca Juga:  Hari Hindi Sedunia Akan Dirayakan Konsulat Jenderal India di Medan

“Memang sangat dimungkinkan bagi yang UKW mendapat dana insentif dari negara. Pers juga berhak mendapat kompensasi yang memadai dari negara,” terang Firdaus.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566