logo

Plant Pertama di Indonesia, GHP PLTU Muara Karang Mampu Produksi 51 Ton Green Hidrogen per Tahun

dar

Mediaseruni.co.id, JAKARTA – PT PLN (Persero) melalui ‘subholding’ PLN Nusantara Power (PLN NP) meresmikan ‘Green Hydrogen Plant’ (GHP) pertama di Indonesia yang berlokasi di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang, Pluit, Jakarta, Senin 9 Oktober 2023.

GHP ini 100 persen bersumber dari Energi Baru Terbarukan (EBT) dan mampu memproduksi 51 ton hidrogen per tahun.

Baca Juga:  Tumbuh 13,07 Persen, Ditopang Sektor Bisnis Penjualan Listrik PLN Semester I Capai 137,12 TWh

‘Green hydrogen’ (hidrogen hijau) merupakan sumber energi bersih yang hanya mengeluarkan uap air, dan tidak meninggalkan residu di udara atau menambah emisi karbon gas rumah kaca.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Yudo Dwinanda Priaadi menjelaskan, hidrogen hijau merupakan bahan bakar alternatif masa depan.

Baca Juga:  Pemeliharaan Berkualitas di Gardu Induk Kosambi, PLN Jaga Keandalan Listrik

Hidrogen hijau menjadi salah satu pilar utama dalam transisi energi untuk mencapai target ‘Net Zero Emissions’ (NZE) di tahun 2060.

“This is true breakthrough! Yang dilakukan PLN Ini terobosan luar biasa. Ke depan, hidrogen hijau ini adalah ‘game changer’ dalam transisi energi,” ucap Yudo.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566