31.7 C
Jakarta
Jumat, Januari 27, 2023

Pertama di Karawang, Dirjen ESDM Resmikan SPBG Jaringan Gas Rumah Tangga

KARAWANG, MEDIASERUNI.COM – Direktur Jenderal Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kementerian ESDM Ego Syahrial meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga di Karawang. SPBG ini merupakan kerjasama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jepang

Kegiatan berlangsung, Selasa (17/12/2019) di lokasi Pembangunan SPBG Kawasan Industri KIIC Desa Puseur Jaya Kabupaten Karawang, dihadiri Asisten Pembangunan Setda Kabupaten Karawang H. Ahmad Hidayat juga disaksikan pihak Kedutaan Besar Jepang.

“SPBG ini merupakan wujud nyata program pemerintah melaksanakan diversifikasi melalui pengembangan energi bersih,” ucap ucap Dirjen ESDM. Keberadaan SPBG itu sendiri menjadi hal penting dalam peningkatan pemanfaatan gas bumi melalui jaringan gas bumi untuk rumah tangga. “Produksi gas bumi kita cukup besar dan perlu dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat.”

Ditambahkan Dirjen, dulu pada akhir 2017 yang tanda tangan MOU kerjasama dengan pemerintah Jepang juga dirinya saat dia menjabat Dirjen Migas. “Alhamdullilah akhirnya terealisasikan di akhir tahun 2019. Ini yang pertama di Karawang, insyaallah tahun depan kita akan bangun lagi SPBG di Jakarta dan Tanggerang,” tambahnya.

Selain meresmikan SPBG ini, terang Dirjen ESDM, pemerintah Indonesia juga akan meresmikan Jaringan Gas Bumi Untuk Rumah Tangga juga di Kabupaten Karawang. “Untuk sementara baru tersambung 6800 sambungan rumah tangga (SR) dan tahun depan akan ditambah lagi 3000 sambungan gas bumi untuk rumah tangga,” jelas Syahrial.

Sambungan jaringan gas tersebut, jelas Dirjen, terbagi dalam delapan sektor dan berada di empat lokasi keluarahan, masing-masing Kelurahan Adiarsa Barat, Desa Puseur Jaya, Desa Sirnabaya dan Desa Telukjambe.

“Kedepan kita akan buat jaringan gas ini mulai dari Sumatera sampai Pulau Jawa bahkan sampai Bali dan Lombok,” tegas Dirjen ESDM sambil mengatakan dirinya mengapresi dukungan Pemerintah Kabupaten Karawang dalam merealisasikan program pemerintah ini. (pyan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
27PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: