26 C
Jakarta
Sabtu, Februari 4, 2023

Persatuan Pelajar Indonesia Mengajar Anak Anak TKI Ilegal di Kuala Lumpur

KUALA LUMPUR, MEDIASERUNI.COM – Setelah kunjungan ke National University of Singapore, rombongan peserta Saudara Satu Negara #4 (SSN4) beranjak ke Universiti Malaya di Kuala Lumpur, Selasa (13/11/2019). Dinegeri jiran ini rombongan yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia membangun komunitas bersama Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di negeri itu.

Peserta SSN4 ini mewakili daerah masing-masing, seperti Propinsi Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Provinsi Aceh. Sedang Jawa Barat dari Kabupaten Garut dan Kota Bandung yang diutus kampus masing-masing serta Kabupaten Karawang diwakili Irvan Maulana yang juga wartawan Mediaseruni.com. SSN4 ini berlangsung selama 7 hari dengan negara kunjungan Singapura, Malaysia dan Thailand.

Kegiatan yang merupakan pengabdian masyarakat ini memiliki kesan tersendiri bagi masing-masing peserta. Seperti diungkapkan Salma (19) Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Bagi peserta asal Jakarta ini ikut dalam rombongan SSN4 menjadi pengalaman yang luar biasa, terutama saat melakukan Voulentering dan kunjungan ke universitas kelas internasional di tiga Negara.

“Kita berbagi cerita dengan para mahasiswa Indonesia diluar negeri. Sungguh membuat saya terinspirasi dan bangga akan Indonesia punya generasi Muda yang turut aktif membangun Indonesia dengan mengabdikan diri untuk menimba ilmu di luar negeri,” ungkap Salma.

Sementara Ketua PPI di Malaysia, Irfan (24) juga mahasiswa S2 di Universiti Malaya mengatakan menjadi orang Indonesia yang beraktifitas di luar negeri merupakan tantangan tersendiri. Terutama setelah tahu akan nasib anak TKI diluar negeri. Mereka yang ilegal tanpa identitas akan sulitnya memberikan kehidupan yang layak untuk anaknya. Selain tidak bisa mengakses pendidikan, kesehatan bahkan hak nya sebagai warga negara Indonesiapun tak terpenuhi oleh Dubes Indonesia di Luar Negeri, karena proses ketika mereka menjadi TKI melanggar aturan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: