23.9 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Perempuan Karawang Masih Menghadapi Tantangan Besar

KARAWANG, SERUNI  – Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Karawang Khalid Khaidir, menjadi tokoh kita hari ini.
Menurut Khalid, sapaan akrab tokoh ini, hingga saat ini kaum perempuan masih menghadapi tantangan yang besar. 
Tantangan itu menjadi faktor penyebab masih rendahnya kualitas kaum perempuan dibandingkan laki-laki yang dapat mempengaruhi daya tahan dan kekuatan keluarga.

Baca Juga : Komunikasi Bagian Penting Hidup Bernegara

Tantangan yang dimaksud, terang Khalid, selain ketimpangan di bidang ekonomi, pendidikan, keterwakilan politik, pengambilan keputusan dan tindakan diskriminasi, satu hal paling penting adalah stigma negatif yang masih melekat pada diri perempuan. 
Untuk itu, jelas Khalid, Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) telah mengeluarkan tiga program prioritas, yang dikenal dengan istilah Three Endsatau Tiga Akhiri. Yakni, akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia, dan akhiri ketidakadilan akses ekonomi bagi perempuan.

Baca Juga :  Susuri Green Canyon Sambil Menikmati Jagung Bakar

Selain program Three Ends, tambah Khalid, ada gerakan global dan dikenal dengan sebutan ‘HeforShe, yang mana melibatkan kaum laki-laki dalam penyelesaian persoalan perempuan, termasuk persoalan kekerasan dan diskriminasi. 
“Pelibatan laki-laki ke dalam persoalan yang dihadapi kaum perempuan harus merujuk pada penyelesaian persoalan secara menyeluruh,” tegas Khalid.


Masih disampaikan Khalid, gerakan global itu bisa berefek panjang untuk negara, khususnya di bidang ekonomi dan sosial.
“Gerakan ini juga sebagai langkah nyata untuk memperkuat daya tahan ekonomi dan sosial melalui ketahanan dalam berkeluarga,” tambah Khalid. (Y-1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: