26 C
Jakarta
Sabtu, Februari 4, 2023

Pemilik Warung Bisa Ajukan Dana Hibah Rp 2,4 Juta ke Dinas Koperasi

KARAWANG, MEDIA SERUNI – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki dana hibah bagi pelaku usaha kecil di Karawang yang terimbas pandemi Covid-19. Dana sebesar Rp 2,4 juta ini merupakan program pemerintah pusat terkait pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Seksi Pengembangan Penguatan Perlindungan Usaha Mikro Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Karawang Leoni Whisnuwardhani, mengatakan itu kepada mediaseruni.co.id, kemarin (14/10/2020). “Sebetulnya Bantuan Presiden (Banpres) dan targetnya 12 juta pelaku UMKM se Indonesia dengan dana hibah sebesar Rp 2,4 juta per pelaku usaha,” tutur pejabat akrab disapa Leoni ini.

Dikatakannya, dana hibah itu mengacu kepada Permen No 6 tahun 2020 tentang BPUM (Bantuan Pelaku Usaha Mikro) dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, dan ditujukan kepada pelaku usaha Ultra Mikro dan Mikro di seluruh Indonesia. “Syarat mendapatkan Banpres ini cukup dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan dibuktikan dengan KTP elektronik atau IMK (Industri Mikro Kecil) dan Surat Keterangan Usaha,” tutur Leoni.

Kendati demikian Leoni menambahkan, syarat tersebut bukan yang diwajibkan tapi untuk membuktikan dia pelaku usaha mikro, bukan PNS, TNI, Polri dan bukan karyawan BUMN atau BUMD, serta tidak mempunyai sangkutan di bank khususnya terkait dengan Kredit Usaha Rakyat.

Pencairan bantuan, lanjut Leoni, dilakukan secara bertahap dan saat ini SK nya sudah ke tahap 15. Tahap 1-3 pencairannya lewat bank BRI, tahap 4-9 Bank BNI dan tahap 10-15 melalui Bank BRI.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: