23.9 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Pejabat di Karawang Jadi Lemah Kalau Urusan Perizinan

KARAWANG, MEDIA SERUNI – Pejabat di Karawang lemah, terlebih kalau menyangkut urusan perizinan. Tidak heran jika banyak perusahaan di Karawang sudah melakukan kegiatan usaha namun belum memiliki izin.

Ketua DPC LSM Korek Karawang Suhanta melontarkan kritikan pedas terkait itu. Dia mencontohkan Perusahaan Air Mineral di Desa Balonggandu Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang.

“Gudang perusahaan air mineral ini sudah berdiri lama, tapi tidak mau mengurus perizinan. Kenapa pihak pemerintah daerah (Pemda) tetap diam, ada apa sebenarnya Pemda dengan pemilik gudang itu,” ujar Suhanta dikutip Minggu (25/10/2020).

Seharusnya, tegas Suhanta, pejabat terkait merasa terbantu adanya informasi di media massa mengenai keberadaan gudang perusahaan yang belum memiliki izin tersebut.

Karena, lanjut Suhanta, jika perusahaan itu mengurus perizinannya, akan terdata sebagai wajib pajak yang bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) baru.

“Terkadang saya merasa heran dengan para pejabat di Karawang ini, kenapa sih mereka seakan diam, jika ada masalah perizinan. Apalagi Satpol PP selaku penegak Perda, mereka sibuk apaan sih, apa mereka takut sama pengusaha, atau pura-pura tidak tahu. Ini jelas aneh,” timpal Suhanta.

Untuk itu, Suhanta berharap Penjabat Bupati Karawang saat ini, Ir. Yerry Yanuar, dapat lebih tegas, terutama terkait masalah Penegakan Perda yang kewenangannya berada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Apalagi, tegas Suhanta, sebelumnya Penjabat bupati inipun mengaku tengah menyoroti perusahaan peternakan ayam yang secara peraturan peruntukannya lahannya masuk pada zona LP2B yang bukan peruntukannya, dan menurutnya perusahan tersebut juga dari tahun 2019 belum memiliki perizinan yang lengkap.

“Kami tunggu gebrakan kinerja bapak Penjabat Bupati Karawang, terutama kami minta tinjau kinerja Satpol PP yang mandul dan terkesan mati suri,” tandas Suhanta. (red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: