25 C
Jakarta
Minggu, Februari 5, 2023
BKD Pemalang
HUT Kabupaten Pemalang

Pedagang Sayuran Keliling Mengeluh Omset Turun 70 Persen

KARAWANG, MEDIASERUNI.COM – Dampak pandemi covid-19 di Karawang ternyata dirasakan juga pedagang sayuran keliling di Kampung Rawasari Desa Jomin Timur Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang.

Biasanya pedangan bisa mengumpulkan uang kisaran Rp 200.000 sehari, tapi sejak ada wabah covid-19 dapat Rp 60.000 saja sudah bagus. Itu berarti selama wabah itu melanda omset pedagang turun hingga mencapai 70%.

Seperti diungkapkan Karti (57), pedagang sayur keliling, banyak langganannya sekarang menghindar untuk berbelanja sayuran segar dan memilih jenis makanan pokok yang instan. “Lebih banyak belanja ke minimarket sekarang atau toko sembako. Daripada masak dengan sayuran dari luar kota yang biasa saya jual mereka lebih suka beli mie instan,” ucapnya.

Hal senanda diungkapkan Raka (34) pemilik warung jajanan cepat saji di Desa Pangulah Selatan. Banyak juga langganan yang menanyakan mendapatkan bahan dagangan darimana dan higienisnya seperti apa. “Sekarang pendapatan saya berkurang karena masih banyak orang yang takut gara-gara corona. Malah ada yang sampai bertanya jajanan saya ini higienis atau tidak,” ucapnya.

Untuk itu, Raka berharap agar pemerintah memberikan arahan kepada masyarakat agar tidak ada yang berasumsi spontanitas berdasarkan berita yang belum bisa dipertanggung jawabkan. “Tolong berikan arahan yang jelas agar warga tahu dagangan kita ini hygienis dan aman,” ujar Raka. (Indra/Azhari)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: