logo

Misteri Nama Citarum, Ternyata Begini Cerita Kemunculan

Foto Blogspot
Penampakan Sungai Citarum tempo dulu, masyarakat menggunakan rakit sebagai transportasi sungai.

Mediaseruni.co.id, KARAWANG – Sungai Citarum sungai terpanjang di Pulau Jawa dan menyimpan warisan budaya dan sejarah yang kaya. Nama “Citarum” sendiri telah membentuk ikatan yang erat antara manusia dan alam, menghidupkan kembali kisah masa lalu yang membentuk wilayah sekitarnya.

Nama “Citarum” memiliki akar dalam bahasa Sunda kuno. Dipercaya berasal dari kata “Ci” yang berarti air dan “Tarum” yang merujuk pada tanaman lokal, menafsirkan secara harfiah sebagai “air yang dihiasi dengan tanaman Tarum”.

Baca Juga:  Misteri Aul, Manusia Berkepala Anjing di Lereng Gunung Sanggabuana Terungkap

Budaya Sunda yang kaya memainkan peran penting dalam pemberian nama ini, dengan sungai dianggap sebagai sumber kehidupan dan kemakmuran, bahkan membawa konotasi mistis atau spiritual. Sejarah mencatat Sungai Citarum menjadi saksi perjalanan peradaban kuno, termasuk Kerajaan Tarumanegara dan Kerajaan Sunda.

Peran penting dari kedua kerajaan ini dalam membentuk identitas dan budaya lokal memperkuat hubungan erat antara sungai dan masyarakat di sekitarnya, mungkin menjelaskan akar sejarah dalam penamaannya.

Baca Juga:  Makam Imam Bukhari, Pemuka Agama yang Mewariskan Koleksi Hadis┬áTerbesar

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566