26 C
Jakarta
Sabtu, Februari 4, 2023

Mendikbud Imbau Sekolah Buat Edaran Larang Siswa Ikut Demo

JAKARTA, MEDIA SERUNI – Mendikbud Muhadjir Effendy, menyesalkan terjadinya aksi demonstrasi yang dilakukan pelajar. Semestinya sekolah bisa mencegah pelajar meninggalkan kelas untuk ikut demo.

“Tidak dibenarkan. Kepala sekolah masing-masing sekolah harus melakukan tindakan pencegahan,” kata Muhadjir. Selain itu, menurutnya, dinas pendidikan di tiap provinsi harus ikut berkoordinasi dengan SMA/SMK. Dia memberi contoh kebijakan yang dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Begitu juga kepala dinas masing-masing provinsi harus mengkoordinasikan SMA dan SMK di wilayah masing-masing. Muhadjir memberi contoh imbauan yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Jatim agar pelajar tidak terlibat aksi demonstrasi.

Hal senada diungkapkan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Lembaga ini merasa prihatin akan aksi yang dilakukan sekelompok pelajar di depan DPR. KPAI berharap pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) segera bertindak untuk meminimalisir adanya korban dalam aksi demo tersebut.

“KPAI sudah berkoordinasi dengan pejabat Kemdikbud RI, yaitu Ibu Dian Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemdikbud agar dapat segera disikapi ke Dirjen Dikdasmen demi melindungi anak-anak karena aksi berpotensi rusuh,” jelas Komisioner KPAI Retno Listyarti dalam keterangan kepada wartawan.

KPAI juga telah berkoordinasi dengan Kadisdik DKI Ratiyono terkait permasalahan ini. Ia meminta agar Kadisdik segera membuat edaran bagi para orang tua murid. “KPAI meminta agar Kepala Disdik Jakarta membuat surat edaran melalui aplikasi WA kepada seluruh Kepala Sudin Pendidikan di seluruh DKI Jakarta agar para kepala sekolah segera melakukan komunikasi berantai melalui wali-wali kelas ke para orangtua seluruh siswa untuk mendeteksi keberadaan anak-anaknya,” jelas Retno.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: