23.9 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Memalukan, di Karawang Masih Ada Warga Buang Hajat di Irigasi karena Tidak Punya Kamar Mandi

KARAWANG, MEDIASERUNI.CO.ID -Memprihatinkan. Padahal Bank Dunia dan Bank Indonesia jor-joran menggelontorkan ratusan miliat per kabupaten/kota di Jawa Barat, termasuk Karawang, agar sungai-sungai menjadi bersih dan sehat. Sayangnya, harapan itu belum menyèntuh Saluran Induk Irigasi di Desa Dewisari Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang.

Warga di desa itu (maaf; masih berak) di bilik-bilik kecil di sekitar tanggul saluran tersebut. Alasannya, mereka tidak punya WC di rumahnya. Bahkan air saluran itupun menjadi lokasi mandi dan mencuci.

Warga mandi dan berak di sekitar tanggul sudah menjadi pemandangan biasa pagi dan sore, bersamaan ibu rumah tangga memasak maupun mencuci pakaian, semua dilakukan di irigasi karena keterbatasan MCK bahkan pompa air.

Yayah Nuraeni (41) warga Dusun Pacing Utara RT 08/03 Desa Dewisari Kecamatan Rengasdengklok mengatakan dirinya dan warga tidak punya kamar mandi sendiri, karena sudah enak mandi dan cuci pakaian di Irigasi, kalau untuk masak  menggunakan air isi ulang.

“Kalaupun ada yang memiliki MCK hanya untuk pribadi, sedangkan masyarakat lain tetap saja memanfaatkan saluran irigasi. Saat irigasi kering biasanya mereka berpindah ke sungai Citarum yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggal warga,” ujar Yayah kepada MEDIA SERUNI, Sabtu (22/8/2020).

Menurut informasi, bukan hanya dana hìbah Bank Dunia dan dana gelontoran Bank Indonesia saya yang diguyurkan tetapi pemerintah pusat juga telah menurunkan anggaran miliaran rupiah melalui Dana Desa untuk memperbaiki infrastruktur guna menunjang perekonomian masyarakat di pedesaan.

Tujuannya agar masyarakat sejahtera, diantaranya pembuatan MCK umum bisa dari anggaran tersebut asalkan ada yang mau memberikan tanah wakaf untuk kepentingan bersama.

Saat diminta keterangan terkait permasalahan tersebut melalui telepon seluler, Kepala Desa Dewisari Surcim belum bisa dihubungi karena tidak aktif.

BACA JUGA:  Penerang Jalan Umum di Desa Cintalanggeng Sudah Terpasang

Kontributor : Bambang Utomo
Editor : Mayadasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: