26 C
Jakarta
Sabtu, Februari 4, 2023

Manuver Gagasan tapi Simpatik

SARAN ini sudah lama sekali, tapi mendadak terlintas dibenak. Ketika teman saya yang penulis artikel itu bilang, ketika seorang penulis mengalami kebuntuan ide atau gagasan, padahal ia tetap harus berkarya maka dia perlu melakukan manuver.

Akan tetapi, manuver yang dimaksud bukan manuver politik atau manuver ekonomi, melainkan manuver gagasan, karena seorang penulis bukanlah politikus dan seorang penulis bukan pula ekonom. Melainkan seorang profesional yang menyampaikan gagasan-gagasan berdasarkan fakta dan data, serta menyampaikannyapun dengan cara yang benar dan sesuai etika, sehingga tidak ada yang tersinggung atau sakit hati.

Tidak sedikit jurnalis (zaman kekinian lebih familiar menyebut wartawan dengan sebutan jurnalis) yang memiliki bakat penulis (jangan salah kaprah menyebut penulis adalah jurnalis atau wartawan). Meski berbeda galian data dan cara menyajikan produk jurnalistiknya, baik jurnalis maupun penulis memiliki kesamaan sebagai penyampai fakta dan data.

Kalau jurnalis (baca; wartawan) menyajikan data dalam bentuk (peristiwa) berita, penulis menyajikannya dalam bentuk (pendapat) opini atau artikel. Namun sama-sama melakukan penggalian data. Jurnalis atau penulis yang baik akan menyajikan data secara objektif, apa adanya, dan tanpa kepentingan. Sebab, kalau data disajikan dalam kemasan kepentingan jangan-jangan sudah bukan produk jurnalistik lagi. Tetapi akan menjadi produk politik atau produk ekonomi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: