27 C
Jakarta
Jumat, Januari 27, 2023

Lomba Sekolah Sehat Pelajar Karawang Rawan Terserang Penyakit Mata

KARAWANG, MEDIASERUNI.COM – Dalam satu sekolah idealnya ada 2 toilet untuk 65 siswa. Demikian jarak pandang siswa dari meja terdepan dengan papan tulis minimal 4 meter, sehingga resistensi penyakit mata yang dapat menyerang siswa dapat diminimalkan.

Hal itu diungkapkan tim penilai lomba sekolah sehat Matin Abdul Rajak. Hanya saja untuk pengadaan toilet belum bisa dilakukan dalam waktu dekat karena melibatkan listas sektoral. “Ada pertimbangan rasio antara jumlah toilet dan siswa, yakni satu toilet untuk 40 siswa laki-laki dan satu toilet untuk siswa perempuan,” ucap Matin usai mendampingi tim verifikasi lomba sekolah sehat dari propinsi, Rabu (20/11/2019) di ruang kerjanya.

Sementara jarak pandang siswa di kelas dengan papan tulis minimal 4 meter termasuk yang dinilai nanti tim verifikasi propinsi selain fasilitas-fasilitas pendukung sekolah. Seperti alat perawatan kesehatan dan kebersihan sekolah termasuk barang inventaris.

“Murid tidak selamanya ada di bangku pertama tapi di roling sehingga semuanya kebagian duduk di depan. Tujuannya untuk mengurangi resistensi penyakit mata,” ucap Matin yang juga Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Karawang ini, menyampaikan cara menyiasati dengan diroling.

Cara seperti itu ditempuh karena tidak mungkin mengurangi jumlah siswa dalam satu kelas. Memang, kata Matin, idealnya ada 28 siswa untuk satu kelas, tetapi karena keterbatasan ruang kelas dengan kebutuhan siswa, jumlah 40 siswa per kelas itupun dianggap logis.

Semua materi yang akan dijadikan bahan penilaian ini, terang Matin, yang jadi rutinitas tim penilai kabupaten selama satu minggu ini sejak dilakukan verifikasi oleh tim penilai propinsi. “Selama satu minggu ini kami melakukan pembenahan ke sekolah sekolah yang mewakili Karawang dalam lomba sekolah sehat. Makanya kami menyarankan para kepala sekolah supaya mengikuti saran-saran tim verifikasi propinsi,” jelas Matin Senin (25/11/2019).

BACA JUGA:  Camat Tegalwaru Tegaskan Kepala Desa Patuhi Protokol Kesehatan New Normal

Seperti diketahui, dua bulan sebelumnya berlangsung lomba sekolah sehat tingkat kecamatan dan menempatkan SDN 1 Purwasari dan SMP Al-Azhar sebagai pemenangnya. Dua sekolah ini yang mewakili Karawang dalam lomba sekolah sehat tingkat propinsi dan berlaga dengan 28 SMP dan 30 Sekolah Dasar se Jawa Barat. “Pemenang lomba ini akan menjadi wakil Propinsi Jawa Barat untuk mengikuti lomba sekolah sehat tingkat nasional,” ujar Matin. (ari)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: