31.7 C
Jakarta
Jumat, Januari 27, 2023

Komunikasi Bagian Penting Hidup Bernegara

KARAWANG, SERUNI – Komunikasi dan keterbukaan menjadi bagian penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dua hal ini harus dijaga sebagai penangkal tumbuhnya bibit-bibit perselisihan hingga berbuntut kerusuhan.

Kepala Bagian Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Matin Abdul Rajak, mengatakan itu, kemarin, kepada Media Seruni, di kantornya. Matin dimintai tanggapannya terkait timbulnya kerusuhan di Propinsi Papua dan Papua Barat, baru-baru ini.

Komplik tersebut berangkat dari aksi-aksi tidak simpatik yang diterima mahasiswa-mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, hingga berbuntut pengamanan terhadap mereka yang dilakukan aparat keamanan guna mencegah terjadinya aksi massa di dua wikayah tersebut.”Hal terpenting adalah komunikasinya bagaimana. Kalau komunikasinya sudah baik, maka rasa kemanusiaan akan muncul, sehingga keinginan untuk saling menyakiti bisa teredam dengan sendirinya,” ucap Matin.

Hal kedua tak kalah penting keterbukaan, tambah Matin. Keterbukaan akan memicu timbulnya rasa kebersamaan. Persoalan sebesar apapun akan menjadi kecil kalau dilandasi sikap keterbukaan. Untuk itu, Matin amat sependapat dengan rencana Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang akan membangun asrama nusantara. Menurut Matin, asrama ini terobosan besar untuk memapas sikap-sikap ego sektoral yang masih melekat dalam diri pandatang. “Seperti menonton sepak bola, orang jawa pasti akan mendukung tim lokalnya, orang papua juga seperti itu, demikian pun orang sunda akan mendukung tim lokalnya. Tetapi kalau yang tanding timnas, mau orang jawa, papua atau sunda semua sudah pasti mendukung timnas. Nah, pengibaratan seperti ini yang terkandung dalam asrama nusantara itu,” ujar Matin. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
27PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: