Ketua DPRD Karawang Cepat Tanggap Aksi Demo Soal Sertifikat Tanah

0
31

Mediaseruni.co.id, Karawang – Sekitar seratus lebih petani dan mahasiswa dan masyarakat bersama Lembaga Serikat Petani Karawang (Sepetak) menggelar aksi demo di depan Gedung DPRD Kabupaten Karawang, Kamis 6 Oktober 2022.

Aksi demo tersebut dijaga ketat puluhan personel Kepolisian Karawang. Petani mendesak agar wakil rakyat segera menyikapi persoalan-persoalan terkait hak atas sertifikat tanah.

“Kami menuntut kepada Bapak Wakil Rakyat agar segera menyikapi soal hak atas sertifikat tanah. Baik tanah milik petani dan tanah irigasi, termasuk oknum-oknum mafia tanah. Untuk itu kami bersama rekan-rekan Mahasiswa menuntut agar permintaan kami secepatnya direalisasi,” ungkap orator dari Sepetak.

Sementara Ketua DPRD Karawang Budianto, SH, yang menemui pendemo menyampaikan bahwa hak-hak petani atas tanah sesuai aturan agraria, menurut Keppres nomer 68 tahun 2018 tentang struktur penguasaan tanah dan akses yang tentunya harus berasas keadilan.

“Serikat ini harus bersinergi dengan pemerintah daerah. Dan, yang berkaitan tadi disampaikan tentang pembikinan dari 19 desa, dan kami sudah berkomunikasi dengan pihak (BPN),” ucap Budianto.

Sehingga, sambung Budianto, pihak BPN menyarankan agar melalui program (PTSL). Kalau tidak melalui program PTSL tidak ada anggarannya. Makanya dalam hal ini kami akan mengusulkan di anggaran tahun 2023 APBD Karawang,” tegas Budianto.

Selain itu Budianto berharap kepada mereka agar kelengkapan cara membuat surat sertifikat tanah persyaratannya di lengkapi. Yang pasti DPRD tidak keberatan. “Jangan sampai masyarakat punya tanah tidak ada suratnya,” terang Budianto saat jumpa Pers di depan Kantor DPRD Kabupaten Karawang.

Namun secara regulasi, lanjut Budianto, nanti seperti apa perlu dikaji bersama. Karena diperkirakan tentang anggaran tersebut mencapai Rp 4,2 miliar. “Mudah-mudahan dalam aksi damai ini pemerintah daerah secara regulasi dapat merealisasikan sesuai keinginan serikat ini,” ucap Ketua Dewan Budianto.

BACA JUGA:  Imam Wibowo: Festival Mangga Even Dua Tahunan Ini Inisiatif Para Petani

Sementara Ketua II DPRD Kabupaten Karawang Adi Suryana menyampaikan pihaknya tidak diam dan akan menindaklanjuti serta memperjuangkan petani. “Seperti disampaikan ketua kami maka kami akan memperjuangkan petani sampai mendapatkan hak-haknya,” tegas Suryana.

Suryana juga menambahkan, DPRD mengapresiasi aksi damai ini yang berjalan kondusif dan aman. Kemudian tentang supremasi hukum yang ada di Indonesia, Suryana juga menegaskan, pihaknya mendukung Polres Karawang demi tegaknya supremasi hukum.

“Menyangkut yang dialami dua rekan wartawan, sekarang sudah ditangani pihak kepolisian, dan kita mendukung penuh pihak kepolisian,” ucap Suryana. (Adn/Mds)

Tinggalkan Balasan