23.9 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Puskesmas Pangkalan Himbau Warga Jaga Kesehatan di Musim Hujan

KARAWANG, MEDIASERUNI.COM – Musim hujan identik dengan penyakit yang di bawa oleh nyamuk serta lalat. Unit Pelaksana Teknis Daerah Puskesmas kecamatan Pangkalan ajak masyarakat jaga kesehatan Kebersihan rumah serta lingkungan.

Hal itu dikatakan oleh, Kepala UPTD Puskesmas Pangkalan Hj. Wiwin Widaningsih, A.Md.Keb, Kepada mediaseruni.com, Mengajak kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Dan mengajak peran Kepala desa untuk menggalakan Jum’at Bersih dan Kebersihan Keamanan dan Kentrentaman (K3) sejak dini serta memberikan penyuluhan ke masyarakat “Terutama tentang 3M plus (Menguras penampungan air, Menutup tempat penampungan air, Mengubur barang bekas yg bisa Menampung genangan air ) serta tidur gunakan kelambu” terang Wiwin.

Dirinya pun menegaskan dengan selalu aktif menjaga lingkungan maka masyarakat tidak terjadi KLB ( Kejadian Luar Biasa ). “Semua penyakit-penyakit itu ada laporan tiap minggu ke Dinas Kesehatan yaitu melalui EWARS ( Earle Warning Alert Sistem ) itu adalah sistem supaya tidak terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB ) dan kalau sudah terjadi KLB pihak puskesmas melaukan pemantauan PE ( Penyelidikan Epidemiologi )” tambahnya.

Untuk wilayah Kecamatan Pangkalan, Lanjut Wiwin mengaku prihatin dengan kasus penyakit TBC yang meningkat. Akan tetapi lanjut ia bahwa tandanya kader melaksanakan pekerjaannya. Perlu di ketahui saat ini bidan – bidan desa melaksanakan penyuluhan – penyuluhan dan sosialisasi baik di rapat mingguan desa bahkan di acara – acara masyarakat agar bisa menekan angka penyakit TBC dilingkungan kecamatan Pangkalan. (pyan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: