25 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Jokowi Senang, 6000 Isuzu Traga Dikirim ke Filipina

KARAWANG, MEDIASERUNI.COM  – Presiden Joko Widodo meresmikan pelepasan ekspor perdana Isuzu Traga di Isuzu Karawang Plant Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur Kabupaten Karawang, Kamis (12/12/2019).

Isuzu Traga kendaraan jenis pickup yang menjadi kebanggaan Isuzu Indonesia dan dipercaya sebagai negara satu-satunya yang mengembangkan dan juga memproduksi kendaraan tersebut. Tahun 2018 kendaraan ini sudah diperkenalkan dan disetujui memang sudah diperhitungkan besar-besaran untuk keperluan ekspor.

“Dalam Dunia Premier Isuzu Traga kami mengumumkan kendaraan ini akan kami ekspor, dan pada 12 Desember 2019 ini kami memenuhi janji tersebut, dan harapan kami tentu dapat Ekspor lebih sesuai harapan Bapak Presiden,” ucap Presiden Direktur PT. Isuzu Astra Motor Indonesia Ernando Demily, saat konperensi pers.

Disebutkan Ernando Filipina negara tujuan pertama ekspor Isuzu Traga dengan total 6.000 unit hingga akhir tahun ini dan berkontribusi pada devisa negara diestimasikan mencapai $66.000.000 per tahun. Pada tiga tahun ke depan, Isuzu Indonesia berencana untuk memperluas negara tujuan ekspor Isuzu Traga hingga lebih dari 20 negara, tidak hanya di Asia Tenggara, namun juga Timur Tengah, Amerika, serta beberapa negara di Afrika, saat ini masih dalam tahap study Ekspor.

Sementara Presiden Jokowi mengatakan dirinya mau hadir di PT. Isuzu pada karena mendengar pabrikan otomotif Isuzu itu mau mengekspor Traga. “Saya jujur sangat senang, hari ini ekspor 6000 unit ke Filipina, dalam tiga tahun kedepan saya optimis produsen otomotif Indonesia dapat menguasai pasar Asia, sesuai dengan target pemerintah 5 tahun kedepan, kita genjot terus ekspor dan kurangi impor,” kata Jokowi.

Selain itu, ekspor Isuzu Traga sudah termasuk Fasilitas KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor) dari Bea dan Cukai. Fasilitas KITE yang merupakan fasilitas yang diberikan Direktorat Jenderal Bea Cukai melalui Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat. Dengan menggunakan fasilitas ini, impor bahan baku yang diproduksi dan hasilnya akan diekspor, diberikan Pembebasan Bea masuk dan PPn Impor.

BACA JUGA:  Mengapa Harus Karawang Jangan Menoleh ke Sentraland

Ekspor dari Isuzu Traga ini tidak hanya berdampak pada lingkaran internal dari Isuzu Indonesia sendiri, melainkan juga pada lingkaran eksternal bisnis Isuzu. Kegiatan ekspor membutuhkan penambahan supplier hingga total supplier yang terlibat mencapai 119 perusahaan, dengan ekspor ini juga tidak mengganggu stok domestik, karena kemampuan produksi dalam tiga tahun terakhir ini stabil bahkan grafiknya cenderung naik, dan sesuai harapan kedepannya kapasitas produksi akan lebih meningkat.

Turut hadir pada peresmian tersebut Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian RI  Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Karawang Cellica Nurachadiana, Senior Executive Officer Isuzu Motors Ltd – Yoichi Masuda, serta Presiden Direktur PT Astra International Prijono Sugiarto.

Isuzu Karawang Plant memiliki lahan luas 30 hektar dengan kapasitas reguler 40.000 unit per tahun namun PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (Pabrik Isuzu) Saat ini mampu memproduksi sebannyak 52.000 unit pertahun, dan mulai dioptimalkan menjadi 80.000 unit per tahun.

https://www.youtube.com/watch?v=uFP9gyY2yS0

(irvan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: