logo

Iran Keluarkan Ancaman Serius Menyusul Veto Amerika Terhadap Resolusi Genjatan Senjata di Gaza

dewan keamanan pbb

Mediaseruni.co.id – Iran mengeluarkan ancaman serius berupa “ledakan tak terkendali” terkait situasi di Timur Tengah, setelah Amerika Serikat memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengusulkan gencatan senjata dalam konflik antara Israel dan Hamas.

Diplomat utama Iran Hossein Amir-Abdollahian, mengisaratkan itu. “Selama Amerika mendukung kejahatan rezim Zionis (Israel) dan melanjutkan perang, ada kemungkinan ledakan yang tidak terkendali di kawasan ini,” demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Iran, dikutip dari CNBC Indonesia, Senin 11 Desember 2023.

Baca Juga:  Israel Makin Gila, Resolusi Genjatan Senjata Majelis Umum PBB tak Dianggap

Menteri Luar Negeri Iran memberikan apresiasi terhadap keputusan Sekjen PBB yang menggunakan Pasal 99 Piagam PBB, tindakan yang dikritik oleh Israel, sebagai “tindakan berani untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional.”

Teheran, yang menjadi musuh Israel, menjadi pendukung utama Hamas dan memiliki sejumlah proxy di Timur Tengah, mulai dari Hizbullah di Lebanon hingga Houthi di Yaman.

Baca Juga:  Fakta Penting Pasca Veto AS terhadap Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

“Klaim rezim Israel bahwa Hamas telah sepenuhnya melanggar gencatan senjata adalah keliru,” tegas Amir-Abdollahian kepada Guterres, sambil menambahkan bahwa dukungan AS terhadap Israel “telah mempersulit pencapaian gencatan senjata yang berkelanjutan.”

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566