31.7 C
Jakarta
Jumat, Januari 27, 2023

Ini loh Cara Mudah Menghemat Penggunaan Pulsa Seluler

JAKARTA, MEDIA SERUNI – Smartphone menjadi salah satu alat komunikasi yang paling diminati masyarakat. Dengan disign yang pas dalam genggaman, perangkat elektronik tersebut sangat praktis, sehingga bisa dimanfaatkan kapan saja dan dimana saja.

Metode komunikasi dasar yang dilakukan melalui ponsel tentunya membutuhkan pulsa. Tanpa adanya pulsa, sudah jelas bahwa pesan yang ingin diutarakan melalui panggilan suara ataupun layanan SMS tidak akan sampai pada pihak penerima.

Walaupun kini komunikasi dasar tersebut sudah semakin tergeser karena hadirnya aplikasi seperti WhatsApp dan LINE yang menyediakan layanan untuk mengirimkan pesan, melakukan panggilan suara, hingga panggilan video secara gratis, bukan berarti pulsa reguler sudah tidak lagi diperlukan.

Perlunya pulsa reguler mungkin lebih sering dirasakan oleh orang-orang yang kesehariannya sering menghubungi orang lain, seperti klien, atasan, atau sesama rekan kerja. Di saat-saat penting, tentunya komunikasi dengan cara menelpon atau mengirim pesan secara konvensional dinilai lebih efektif.

Nah, salah satu upaya untuk mengontrol penggunaan pulsa seluler yakni dengan membiasakan berhemat dalam pemakaiannya. Berikut rangkumannya yang di rangkum.

1. Pilih Provider Seluler dengan Penawaran Terbaik
Setiap operator seluler tentunya memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan perhatian masyarakat dengan menghadirkan berbagai penawaran yang menarik. Ada provider yang memberikan layanan murah dan banyak bonus, serta ada pula yang lebih mengutamakan kualitas layanannya.

Sebut saja beli pulsa XL, Telkomsel, Indosat, Tri atau Smartfren yang sudah umum digunakan oleh banyak orang.

Di samping itu, fokus penawaran layanan yang tersedia pun juga beragam, seperti memberikan benefit khusus untuk telepon, SMS, hingga akses internet. Jadi, dengan banyaknya pilihan yang tersedia, maka semakin mudah pula untuk menentukan mana yang terbaik.

BACA JUGA:  Dari 20 Pasien Positif Covid 19 Sebanyak 16 Orang Dinyatakan Sembuh

Masing-masing orang jelasnya akan memiliki pendapat yang berbeda mengenai operator seluler mana yang terbaik. Satu hal yang pasti, provider tersebut akan dikatakan terbaik jika penawaran yang diberikan telah sesuai dengan apa yang tengah dibutuhkan.

Jadi, jika sudah memilih provider yang sesuai dengan kebutuhan, pemakaian pulsa pun bisa dihemat. Selain itu, penggunaannya pun bisa menjadi lebih efektif, karena kegiatan telepon atau mengirim pesan bisa dilakukan dengan durasi atau jumlah yang banyak, namun tidak menguras pulsa.

2. Gunakan Paket Data atau Wi-Fi
Walaupun komunikasi dengan menggunakan aplikasi smartphone dinilai kurang efektif di saat sinyal jaringan sedang tidak stabil atau orang yang dihubungi tidak dalam keadaan online, selebihnya, komunikasi melalui aplikasi berbasis internet tersebut sangatlah efektif untuk menghemat pulsa reguler. Baca Juga: Pasar Smartphone Turun, Apa Kabar Xiaomi, OPPO, Samsung & Realme?

Metode komunikasi melalui aplikasi sangatlah berguna, terutama jika orang yang ingin dihubungi menggunakan provider seluler yang berbeda. Ketika lebih mengutamakan telepon atau SMS, pulsa yang terbuang tentu lebih banyak ketimbang menghubungi seseorang yang provider-nya sama, sehingga dapat disimpulkan bahwa komunikasi yang demikian bisa memicu terjadinya pemborosan pulsa.

Komunikasi dengan menggunakan aplikasi smartphone memang membutuhkan koneksi internet, baik dari paket data maupun Wi-Fi. Meski harus ada dana untuk membeli paket data, selama penggunaannya tetap terkontrol, kuota yang dimiliki tentunya tidak akan cepat habis. Selain itu, kini sudah ada banyak provider seluler yang menyediakan paket internet hemat untuk kebutuhan tersebut.

Ditambah lagi, karena kini telah banyak tempat bekerja yang menyediakan Wi-Fi, dengan menyambungkan ponsel pada jaringan tersebut, komunikasi dengan menggunakan aplikasi pun bisa dilakukan secara 100% gratis. Jadi, jatuhnya akan menjadi lebih hemat lagi.

BACA JUGA:  Menyesal Tidak Melakukannya di Rumah Setelah Tahu Fakta Ini

3. Utamakan Penggunaan Pulsa Seluler di Saat Darurat
Nah, karena komunikasi dengan memanfaatkan aplikasi smartphone berbasis internet cukup efektif untuk menghemat biaya komunikasi, berarti penggunaan pulsa reguler untuk telepon maupun mengirim pesan bisa semakin dikurangi.

Berkaitan dengan poin sebelumnya bahwa jika komunikasi yang demikian kurang efektif jika sinyal sedang jelek atau orang yang ingin dihubungi sedang offline, di saat yang demikian, menggunakan pulsa reguler untuk membuat panggilan suara atau mengirim pesan singkat adalah solusi yang tepat karena pasti sampai pada pihak penerima kecuali jika orang tersebut menonaktifkan ponselnya.

Alternatifnya kamu bisa memanfaatkan fitur transfer pulsa untuk mendapatkan pulsa tambahan dari keluarga atau kerabat dekat ketika dibutuhkan. Contohnya jika kamu menggunakan Telkomsel, cara transfer pulsa telkomsel ini cukup mudah dan bisa dilakukan via SMS atau aplikasi.

Sebab keadaan darurat lazimnya tidak sering terjadi, maka pulsa reguler pun tidak akan digunakan dengan frekuensi cukup sering. Nah, agar bisa dua kali lebih hemat, bagi pengguna ponsel dengan fitur dual SIM, dua slot tersebut bisa diisi dengan kartu SIM dari operator yang memberikan penawaran internetan murah, dan satu lagi yang memberikan penawaran terbaik untuk telepon dan juga SMS. (Redaksi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
27PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: